Museum Negeri Mulawarman


Bangunan Museum Negeri Mulawarman Provinsi Kalimantan Timur adalah istana dari Kesultanan Kutai Kertanegara yang dibangun pada 1963 sebagai pengganti istana sebelumnya yang terbakar. Museum ini awalnya bernama Museum Kutai yang didirikan untuk memelihara benda peninggalan Kerajaan Kutai, dan merupakan bagian dari Pusat Kesenian dan Olahraga. Bangunan istana ini mengadopsi arsitektur kolonial bergaya “Indische Empire” dengan ciri utama penggunaan kolom atau tiang utama pada bagian depan bangunan yang menopang atap dan pada bagian dalam bangunan.Museum Kutai diresmikan pada 25 November 1971 oleh Pangdam IX Mulawarman 50 Kertiyo dan Gubernur Abdoel Wahab Sjahranie. Pada tanggal 18 Februari 1976, Museum Kutai diserahkan kepada Departemen Pendidikan dan Kebudayaan oleh Gubernur Kalimantan Timur Brigadir Jenderal, Abdok Wahab Syahrani yang diterima Direktorat Jenderal Kebudayaan Prof. Dr. Ida Bagus Mantra atas nama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Tahun 1979 Museum Kutai diganti nama m

Bangunan Museum Negeri Mulawarman Provinsi Kalimantan Timur adalah istana dari Kesultanan Kutai Kertanegara yang dibangun pada 1963 sebagai pengganti istana sebelumnya yang terbakar. Museum ini awalnya bernama Museum Kutai yang didirikan untuk memelihara benda peninggalan Kerajaan Kutai, dan merupakan bagian dari Pusat Kesenian dan Olahraga. Bangunan istana ini mengadopsi arsitektur kolonial bergaya “Indische Empire” dengan ciri utama penggunaan kolom atau tiang utama pada bagian depan bangunan yang menopang atap dan pada bagian dalam bangunan.

Museum Kutai diresmikan pada 25 November 1971 oleh Pangdam IX Mulawarman 50 Kertiyo dan Gubernur Abdoel Wahab Sjahranie. Pada tanggal 18 Februari 1976, Museum Kutai diserahkan kepada Departemen Pendidikan dan Kebudayaan oleh Gubernur Kalimantan Timur Brigadir Jenderal, Abdok Wahab Syahrani yang diterima Direktorat Jenderal Kebudayaan Prof. Dr. Ida Bagus Mantra atas nama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Tahun 1979 Museum Kutai diganti nama menjadi Museum Negeri Mulawarman Provinsi Kalimantan Timur merupakan Unit Pelaksana Teknis Direktorat Jenderal Kebudayaan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 093/0/1979 Tanggal 28 Mei 1979.

Museum ini berada di bawah kepemilikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur dan dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah Museum Negeri Mulawarman Provinsi Kalimantan Timur Jenis koleksi yang ditampilkan terdiri dari geologika, biologika, etnografika, arkeologika, historika, numismatika, filologika, keramilogika, seni rupa, dan teknologika. Koleksi unggulan yang ditampilkan di museum adalah kursi singgasana Kesultanan Kutai Kartanegara, kalung Uncal, kalung Wisnu, kura - kura emas, penginangan, arca dewi, keris buritang, patung Lembuswana, keramik, tali Juwita, ketopong atau mahkota.

Museum Negeri Mulawarman
Jl. Diponegoro No. 26, Tenggarong
Kalimantan Timur

Website : -

Phone : (0541) 662412

Email : museum_mulawarman@yahoo.com

Jam Buka
  • Setiap Hari
    08.30-16.00
  • (TUTUP)
Tiket Masuk
Dewasa : Rp. 10,000
Anak-anak : Rp. 5,000
Wisatawan Asing : Rp. 15,000
Pesan Kunjungan