Museum Negeri Provinsi Maluku Siwalima Ambon


Pada tahun 1971 dilaksanakan pameran berbagai koleksi hasil kumpulan Gereja Protestan Maluku (GPM). Kemudian koleksi tersebut diserahkan kepada perwakilan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Hal yang sama juga terjadi ketika tahun 1972/1973 ketika dilakukan penyitaan koleksi asal Maluku Tenggara dari dua orang peneliti asing. Pada 8 November 1973 terbentuk museum di Provinsi Maluku yang diresmikan oleh Direktur Jenderal Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Ida Bagus Mantra didampingi Direktur Permuseuman Drs. Amir Sutarga, yang berlokasi di Karang Panjang Ambon. Museum tersebut diresmikan dengan nama Museum Siwalima dengan jenis museum umum.Museum Negeri Provinsi Maluku Siwalima Ambon merupakan museum umum yang kepemilikan dan pengelolaannya berada di bawah Dinas Pendidikan dan Kebudayan Provinsi Maluku. Jenis koleksi yang dipamerkan di dalam museum terdiri dari geologika, biologika, etnografika, arkeologika, arkeologika, historika, numismatika, filologika, keramika

Pada tahun 1971 dilaksanakan pameran berbagai koleksi hasil kumpulan Gereja Protestan Maluku (GPM). Kemudian koleksi tersebut diserahkan kepada perwakilan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Hal yang sama juga terjadi ketika tahun 1972/1973 ketika dilakukan penyitaan koleksi asal Maluku Tenggara dari dua orang peneliti asing. Pada 8 November 1973 terbentuk museum di Provinsi Maluku yang diresmikan oleh Direktur Jenderal Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Ida Bagus Mantra didampingi Direktur Permuseuman Drs. Amir Sutarga, yang berlokasi di Karang Panjang Ambon. Museum tersebut diresmikan dengan nama Museum Siwalima dengan jenis museum umum.

Museum Negeri Provinsi Maluku Siwalima Ambon merupakan museum umum yang kepemilikan dan pengelolaannya berada di bawah Dinas Pendidikan dan Kebudayan Provinsi Maluku. Jenis koleksi yang dipamerkan di dalam museum terdiri dari geologika, biologika, etnografika, arkeologika, arkeologika, historika, numismatika, filologika, keramika, teknologika, seni rupa. Koleksi unggulan dari Museum Negeri Provinsi Maluku Siwalima Ambon adalah patung kesuburan, tempat sirih cengkeh, tombak, kerangka ikan paus biru dengan panjang 23,5 m. 

Museum Negeri Provinsi Maluku Siwalima Ambon
Jln. Dr. Malaihollo - Taman Makmur, Ambon
Maluku

Website : -

Phone : (0911) 341652

Email : helmyonlylatuheru@yahoo.com

Jam Buka
  • Senin-Minggu
    08.00-16.30
  • (TUTUP)
Tiket Masuk
Dewasa : Rp. 5,000
Anak-anak : Rp. 4,000
Wisatawan Asing : Rp. 10,000
Pesan Kunjungan