Museum Negeri Provinsi Papua


Museum Negeri Provinsi Papua diklasifikasikan sebagai museum tipe A yang pembangunan fisiknya dimulai pada tahun 1981 hingga 1982. Museum Negeri Provinsi Papua termasuk ke dalam jenis museum umum. Gedung museum diresmikan pada 23 Oktober 1990 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Prof. Dr. Fuad Hassan, untuk struktur organisasi dan tata kerja berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud Nomor 001/O/1991 Tanggal 9 Januari 1991. Kepemilikan museum berada di bawah Dinas Kebudayaan dan Provinsi Papua dengan pengelolanya Unit Pengelola Teknis Daerah Museum Negeri Provinsi Papua. Museum Negeri Provinsi Papua diharapkan dapat menjadi sumber informasi bagi masyarakat mengenai sejarah lokal dan peninggalan sejarah mengenai budaya orang Papua. Selain itu, dapat melestarikan adat budaya Papua. Museum ini menampilkan berbagai jenis koleksi seperti koleksi geologi, biologi, etnografika, arkeologika, historika, numismatika, heraldika, filologika, keramologika, seni rupa, dan teknologika

Museum Negeri Provinsi Papua diklasifikasikan sebagai museum tipe A yang pembangunan fisiknya dimulai pada tahun 1981 hingga 1982. Museum Negeri Provinsi Papua termasuk ke dalam jenis museum umum. Gedung museum diresmikan pada 23 Oktober 1990 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Prof. Dr. Fuad Hassan, untuk struktur organisasi dan tata kerja berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud Nomor 001/O/1991 Tanggal 9 Januari 1991. Kepemilikan museum berada di bawah Dinas Kebudayaan dan Provinsi Papua dengan pengelolanya Unit Pengelola Teknis Daerah Museum Negeri Provinsi Papua.

Museum Negeri Provinsi Papua diharapkan dapat menjadi sumber informasi bagi masyarakat mengenai sejarah lokal dan peninggalan sejarah mengenai budaya orang Papua. Selain itu, dapat melestarikan adat budaya Papua. Museum ini menampilkan berbagai jenis koleksi seperti koleksi geologi, biologi, etnografika, arkeologika, historika, numismatika, heraldika, filologika, keramologika, seni rupa, dan teknologika. 

Museum Negeri Provinsi Papua
Jl. Raya Sentani Km. 17,8 Kel. Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura
Papua

Website : -

Phone : (0967) 571488

Email : museumpapua@gmail.com

Jam Buka
  • Senin-Minggu
    08.00-16.00
  • (TUTUP)
Tiket Masuk
Dewasa : Rp. 3,000
Anak-anak : Rp. 1,000
Wisatawan Asing : Rp. 5,000
Pesan Kunjungan