Museum Negeri Provinsi Sulawesi Utara


Museum Negeri Provinsi Sulawesi Utara merupakan museum umum yang didirikan pada 9 Januari 1991. Pada awalnya museum ini didirikan karena adanya temuan yang berjumlah banyak dari seorang warga bernama Bola Lensun. Adanya temuan tersebut membuat pemerintah membentuk museum untuk melindungi peninggalan masa lalu. Di museum ini terdapat rumah adat masyarakat Minahasa (Wale), peralatan tenun dan peralatan penangkap ikan. Ada pula meja dan kursi yang digunakan Pahlawan Nasional Maria Walanda Maramis ketika menjadi guru di Percintaan Ibu Kepada Anak Turunannya (PIKAT), organisasi yang didirikan bersama kawannya untuk memajukan pendidikan wanita Minahasa. Museum ini didirikan sebagai sumber informasi yang berkaitan dengan Sulawesi Utara,meliputi sejarah alam, manusia, dan kebudayaan. Di museum ini terdapat 2810 koleksi yang terbagi dalam 10 jenis, yaitu geologika, biologika, arkeologika, keramologika, numismatika, historika, etnografika, filologika, seni rupa, dan teknologika. Koleksi-koleksi

Museum Negeri Provinsi Sulawesi Utara merupakan museum umum yang didirikan pada 9 Januari 1991. Pada awalnya museum ini didirikan karena adanya temuan yang berjumlah banyak dari seorang warga bernama Bola Lensun. Adanya temuan tersebut membuat pemerintah membentuk museum untuk melindungi peninggalan masa lalu. Di museum ini terdapat rumah adat masyarakat Minahasa (Wale), peralatan tenun dan peralatan penangkap ikan. Ada pula meja dan kursi yang digunakan Pahlawan Nasional Maria Walanda Maramis ketika menjadi guru di Percintaan Ibu Kepada Anak Turunannya (PIKAT), organisasi yang didirikan bersama kawannya untuk memajukan pendidikan wanita Minahasa.

Museum ini didirikan sebagai sumber informasi yang berkaitan dengan Sulawesi Utara,meliputi sejarah alam, manusia, dan kebudayaan. Di museum ini terdapat 2810 koleksi yang terbagi dalam 10 jenis, yaitu geologika, biologika, arkeologika, keramologika, numismatika, historika, etnografika, filologika, seni rupa, dan teknologika. Koleksi-koleksi tersebut berasal dari Sulawesi Utara, seperti Manado, Minahasa Selatan, Sangihe, Talaud, Sitaro, Bolaang Mongondow dan daerah lainnya. 

Museum Negeri Provinsi Sulawesi Utara
Jl. W.R. Supratman No.72, Lawangirung, Wenang, Kota Manado, Sulawesi Utara
Sulawesi Utara

Website : -

Phone : (0431) 862685

Email : museum.sulut@gmail.com

Jam Buka
  • Senin-Sabtu
    08.30-16.30
  • Minggu dan Hari libur nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Gratis
Pesan Kunjungan