Museum Pemadam Kebakaran


Museum Pemadam Kebakaran merupakan museum khusus yang didirikan pada tahun 2015 untuk memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat mengenai sejarah pemadam kebakaran. Pendirian museum ini merupakan amanat Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Peraturan Gubernur Nomor 48 Tahun 2013 Tentang Layanan Informasi Publik. Museum berada di bawah kepemilikan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta serta dikelola oleh Bidang Pencegahan, Seksi Publikasi, Informasi, dan Pemberdayaan Masyarakat. Dalam museum ini, pengunjung dapat mengetahui sejarah pendirian pemadam kebakaran yang awalnya bernama brandweer pada masa Kolonial. Nama ini kemudian berubah menjadi Barisan Pemadam Kebakaran dan sekarang menjadi Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta. Beragam peralatan berat dan ringan juga tertata rapi di dalam museum, mulai dari alat pelindung diri untuk petugas pemadam, hingga peralatan yang membantu petu
Museum Pemadam Kebakaran merupakan museum khusus yang didirikan pada tahun 2015 untuk memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat mengenai sejarah pemadam kebakaran. Pendirian museum ini merupakan amanat Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Peraturan Gubernur Nomor 48 Tahun 2013 Tentang Layanan Informasi Publik. Museum berada di bawah kepemilikan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta serta dikelola oleh Bidang Pencegahan, Seksi Publikasi, Informasi, dan Pemberdayaan Masyarakat.
Dalam museum ini, pengunjung dapat mengetahui sejarah pendirian pemadam kebakaran yang awalnya bernama brandweer pada masa Kolonial. Nama ini kemudian berubah menjadi Barisan Pemadam Kebakaran dan sekarang menjadi Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta. Beragam peralatan berat dan ringan juga tertata rapi di dalam museum, mulai dari alat pelindung diri untuk petugas pemadam, hingga peralatan yang membantu petugas untuk proses pemadaman kebakaran dan penyelamatan. Koleksi yang menarik dari museum ini yaitu lonceng panggilan pemadam kebakaran pada tahun 1920 dan mobil pemadam kebakaran yang sering dijadikan sebagai objek foto pengunjung museum.
Museum Pemadam Kebakaran
Taman Mini Indonesia Indah, Jl. Raya Taman Mini, Jakarta Timur
D.K.I. Jakarta

Phone : (021) 6344580

Email : damkar.museum@gmail.com

Jam Buka
  • Rabu-Minggu
    08.00-16.00
  • (TUTUP)
Tiket Masuk
Gratis
Pesan Kunjungan