Museum Pemerintah Kabupaten Belitung


Museum Pemerintah Kabupaten Belitung atau dikenal juga dengan Museum Tanjungpandan merupakan museum khusus yang didirikan berdasarkan Surat Perintah Menteri Pertambangan Republik Indonesia Tahun 1959. Surat perintah tersebut ditujukkan kepada perusahaan-perusahaan penambangan timah Belitung, Bangka, dan Singkep yang mengharuskan didirikannya sebuah museum pada setiap perusahaan penambangan timah tersebut. Ir. M.E.A. Apitule, Direktur Utama Tambang Timah Belitung pada waktu itu menugaskan Dr. R. Osberger, seorang ahli batuan berkebangsaan Austria yang bertugas sebagai Kepala Dinas Eksplorasi dan Geologi Perusahaan Penambangan Timah di Kabupaten Belitung untuk mendirikan museum.Museum Pertambangan diresmikan pada tanggal 2 Maret 1962 oleh Ir. Kurnadi Kartaatmadja sebagai Presiden Direktur Perusahaan Penambangan Timah Belitung. Berdasarkan Berita Acara Nomor 013/BA.0000/94-81 tanggal 15 Juni 1994 tentang Penghibahan museum Geologi milik PT. Timah kepada Pemerintah Daerah Tingkat II Kabupa

Museum Pemerintah Kabupaten Belitung atau dikenal juga dengan Museum Tanjungpandan merupakan museum khusus yang didirikan berdasarkan Surat Perintah Menteri Pertambangan Republik Indonesia Tahun 1959. Surat perintah tersebut ditujukkan kepada perusahaan-perusahaan penambangan timah Belitung, Bangka, dan Singkep yang mengharuskan didirikannya sebuah museum pada setiap perusahaan penambangan timah tersebut. Ir. M.E.A. Apitule, Direktur Utama Tambang Timah Belitung pada waktu itu menugaskan Dr. R. Osberger, seorang ahli batuan berkebangsaan Austria yang bertugas sebagai Kepala Dinas Eksplorasi dan Geologi Perusahaan Penambangan Timah di Kabupaten Belitung untuk mendirikan museum.

Museum Pertambangan diresmikan pada tanggal 2 Maret 1962 oleh Ir. Kurnadi Kartaatmadja sebagai Presiden Direktur Perusahaan Penambangan Timah Belitung. Berdasarkan Berita Acara Nomor 013/BA.0000/94-81 tanggal 15 Juni 1994 tentang Penghibahan museum Geologi milik PT. Timah kepada Pemerintah Daerah Tingkat II Kabupaten Belitung ditandatangani antara Erry Riyana Hardjapamekas selaku Direktur Utama PT. Timah kepada H. Oerip Tp. Alam selaku Bupati Kabupaten Belitung. Kemudian berdasarkan Surat Keputusan Bupati Belitung pada tanggal 28 Juni 1994, pengelolaan museum dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung.

Setelah berjalan selama 1 tahun, Bupati Belitung mengeluarkan surat keputusan tentang perubahan nama Museum Geologi PT. Timah Belitung menjadi Museum Pemerintah Kabupaten Tingkat II Belitung dan menetapkan museum sebagai objek wisata dan rekreasi di daerah Belitung. Pada tahun 2008 museum di bawah Dinas Kebudayan dan Pariwisata Kabupaten Belitung menjadi nama Unit Pelaksana Teknis Daerah Museum dan Kebun Binatang Pemerintah Kabupaten Belitung (Museum Tanjung Pandan). Museum kini berada di bawah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung sebagai pengelola dan memiliki nama resmi Museum Pemerintah Kabupaten Belitung.

(Sumber : Katalog Museum Indonesia - Dit. PCBM)
Museum Pemerintah Kabupaten Belitung
Jl. Melati No. 41A. Tanjung Pandan, Kel. Kampung Parit, Kec. Tanjung Pandan
Kepulauan Bangka Belitung

Website : -

Phone : 0719 22960

Email : museumpemkabbelitung@gmail.com

Jam Buka
  • Senin - Minggu
    07.30 - 17.30
  • Hari Libur Nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Dewasa : Rp. 2,000
Anak-anak : Rp. 2,000
Wisatawan Asing : Rp. 2,000
Pesan Kunjungan