Museum Pendidikan Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta


Museum Pendidikan Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta merupakan museum khusus yang menempati area seluas 2500 m2. Gedung yang saat ini dikembangkan menjadi MPI UNY adalah Rektorat pertama IKIP Negeri Yogyakarta (UNY lama) sebelum berpindah di sebelah utara Gang Guru, Karangmalang dan gedung rektorat yang sekarang. Museum Pendidikan Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta diresmikan pada 8 Juli 2008 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X.Museum Pendidikan Indonesia memiliki tiga ruang galeri, gedung cinema, dan perpustakaan. Pada ruang galeri 1 berisi foto Menteri Pendidikan sejak yang pertama, diorama ruang kelas, peralatan tulis lama, dan lain sebagainya. Ruang galeri 2 berisi buku pelajaran dari berbagai era, dan foto tokoh pendidikan di Indonesia. Ruang galeri ketiga disebut juga ruang media pembelajaran yang berisi berbagai peralatan yang digunakan sebagai media pembelajaran manual dan elektronik. Museum Pendidikan Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta berupaya untuk menyampaikan n

Museum Pendidikan Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta merupakan museum khusus yang menempati area seluas 2500 m2. Gedung yang saat ini dikembangkan menjadi MPI UNY adalah Rektorat pertama IKIP Negeri Yogyakarta (UNY lama) sebelum berpindah di sebelah utara Gang Guru, Karangmalang dan gedung rektorat yang sekarang. Museum Pendidikan Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta diresmikan pada 8 Juli 2008 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Museum Pendidikan Indonesia memiliki tiga ruang galeri, gedung cinema, dan perpustakaan. Pada ruang galeri 1 berisi foto Menteri Pendidikan sejak yang pertama, diorama ruang kelas, peralatan tulis lama, dan lain sebagainya. Ruang galeri 2 berisi buku pelajaran dari berbagai era, dan foto tokoh pendidikan di Indonesia. Ruang galeri ketiga disebut juga ruang media pembelajaran yang berisi berbagai peralatan yang digunakan sebagai media pembelajaran manual dan elektronik. Museum Pendidikan Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta berupaya untuk menyampaikan nilai-nilai luhur pendidikan yang terjadi pada setiap jaman. Kondisi ekonomi, politik, sosial, dan budaya memiliki pengaruh kuat terhadap pelaksanaan pendidikan di negeri ini. 

Museum Pendidikan Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta
Kampus Pusat Universitas Negeri Yogyakarta Jl. Colombo No. 1 Karangmalang, Yogyakarta
Daerah Istimewa Yogyakarta

Website : mpi.uny.ac.id

Phone : (0274) 551259

Email : mpi@uny.ac.id

Jam Buka
  • Selasa-Minggu
    07.30-15.30
  • Senin dan hari libur nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Dewasa : Rp. 2,500
Anak-anak : Rp. 2,500
Wisatawan Asing : Rp. 2,500
Pesan Kunjungan