Museum Perbendaharaan


Museum Perbendaharaan merupakan museum yang berada di dalam kompleks Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI. Museum ini mulai direncanakan pada 2015 dan diresmikan pada September 2017. Museum ini menempati Gedung Dwi Warna yang dibangun pada 1938 dan berfungsi sebagai Indische Pension Fondsen (Dana Pensiun) seluruh Indonesia. Gedung ini juga pernah berfungsi sebagai Sekretariat Konferensi Asia Afrika ke-1 pada tahun 1955, lalu sebagai Kantor Pusat Pensiun Pegawai, yang kemudian terakhir menjadi Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jawa Barat. Museum Perbendaharaan terbagi menjadi tiga ruangan. Ruang pertama merupakan Galeri Sejarah Perkembangan Fungsi Pembendaharaan yang menyajikan struktur, unit pengelola, dan para pejabat penting di Kementerian Keuangan. Ruang kedua adalah ruang auditorium yang digunakan untuk pemutaran video mengenai sejarah pembendaharaan. Ruang ketiga adalah galeri koleksi yang memamerkan dokumen, peralatan,

Museum Perbendaharaan merupakan museum yang berada di dalam kompleks Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI. Museum ini mulai direncanakan pada 2015 dan diresmikan pada September 2017. Museum ini menempati Gedung Dwi Warna yang dibangun pada 1938 dan berfungsi sebagai Indische Pension Fondsen (Dana Pensiun) seluruh Indonesia. Gedung ini juga pernah berfungsi sebagai Sekretariat Konferensi Asia Afrika ke-1 pada tahun 1955, lalu sebagai Kantor Pusat Pensiun Pegawai, yang kemudian terakhir menjadi Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jawa Barat.

Museum Perbendaharaan terbagi menjadi tiga ruangan. Ruang pertama merupakan Galeri Sejarah Perkembangan Fungsi Pembendaharaan yang menyajikan struktur, unit pengelola, dan para pejabat penting di Kementerian Keuangan. Ruang kedua adalah ruang auditorium yang digunakan untuk pemutaran video mengenai sejarah pembendaharaan. Ruang ketiga adalah galeri koleksi yang memamerkan dokumen, peralatan, bahan pustaka, dan bendabenda lainnya. Koleksi-koleksi museum ini berasal dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Barat, KPPN di lingkup Provinsi Jawa Barat, serta dari Kanwil dan KPPN di seluruh Indonesia. 

Museum Perbendaharaan
Gedung Dwi Warna, Kanwil Dirjen Perbendaharaan Jawa Barat, Jl. Diponegoro No.56 Bandung
Jawa Barat

Website : -

Phone : (022) 7207046

Email : museumperbendaharaan@kemenkeu.go.id

Jam Buka
  • Senin, Sabtu, dan Minggu
    09.00 – 16.00
  • (TUTUP)
Tiket Masuk
Gratis
Pesan Kunjungan