Museum Perkebunan Indonesia


Museum Perkebunan Indonesia merupakan museum khusus yang didirikan atas inisiatif seorang tokoh perkebunan Indonesia bernama Soedjai Kartasasmita. Museum ini diresmikan pada 10 Desember 2016 oleh Gubernur Sumatera Utara HT Erry Nuradi beserta Direktur Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian. Pengelolaan museum saat ini dilakukan oleh Yayasan Museum Perkebunan Indonesia.Museum Perkebunan Indonesia berisi sejarah dan perkembangan perkebunan di Indonesia yang dimulai sejak masa prakolonial. Museum ini berharap dapat menjadi penghubung antara masa lalu dan masa depan. Harapan tersebut dilakukan dengan cara membuat museum ini menarik untuk dikunjungi umum dan menjadi sumber informasi dan edukasi mengenai perkebunan di Indonesia.Museum Perkebunan Indonesia menempati bangunan bekas rumah dinas direktur Algemeene Vereniging van Rubberplanters ter Oostkust van Sumatra (AVROS) atau Perhimpunan Pengusaha Perkebunan Karet di Pantai Timur Sumatera. Bangunan ini dibangun tahun 1916 dan bergaya ko

Museum Perkebunan Indonesia merupakan museum khusus yang didirikan atas inisiatif seorang tokoh perkebunan Indonesia bernama Soedjai Kartasasmita. Museum ini diresmikan pada 10 Desember 2016 oleh Gubernur Sumatera Utara HT Erry Nuradi beserta Direktur Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian. Pengelolaan museum saat ini dilakukan oleh Yayasan Museum Perkebunan Indonesia.

Museum Perkebunan Indonesia berisi sejarah dan perkembangan perkebunan di Indonesia yang dimulai sejak masa prakolonial. Museum ini berharap dapat menjadi penghubung antara masa lalu dan masa depan. Harapan tersebut dilakukan dengan cara membuat museum ini menarik untuk dikunjungi umum dan menjadi sumber informasi dan edukasi mengenai perkebunan di Indonesia.

Museum Perkebunan Indonesia menempati bangunan bekas rumah dinas direktur Algemeene Vereniging van Rubberplanters ter Oostkust van Sumatra (AVROS) atau Perhimpunan Pengusaha Perkebunan Karet di Pantai Timur Sumatera. Bangunan ini dibangun tahun 1916 dan bergaya kolonial. Setelah kemerdekaan, gedung ini menjadi Pusat Penelitian Kelapa Sawit, dan saat ini berfungsi sebagai bangunan Museum Perkebunan Indonesia.

(Sumber : Katalog Museum Indonesia - Dit. PCBM)
Museum Perkebunan Indonesia
Jl. Brigjen Katamso No. 53, Kampung Baru, Medan, Sumatera Utara
Sumatera Utara

Phone : 081396686199

Email : musperin@gmail.com

Jam Buka
  • Selasa - Minggu
    09.00 - 16.00
  • Senin dan Hari Besar Nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Dewasa : Rp. 8,000
Anak-anak : Rp. 8,000
Wisatawan Asing : Rp. 25,000
Pesan Kunjungan