Museum Polri


Museum Polri merupakan museum yang dibuat untuk melestarikan nilai nilai kesejarahan polisi yang diprakarsai oleh Kapolri Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri. Museum ini pertama kali diresmikan pada tanggal 1 Juli 2009 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.Ruang-ruang yang terdapat di museum ini ditata dengan konsep galeri. Meski bukan bangunan lama, gedung museum didesain seperti bangunan tahun 70-an dengan jendela-jendela modern. Museum juga menyediakan kids corner yang dapat digunakan pengunjung untuk tempat bermain anak-anak mereka. Selain itu juga terdapat perpustakaan yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk membaca buku.Menjadi ruang-ruang tematik yang terdiri dari hall of fame, ruang koleksi dan peristiwa, ruang sejarah, ruang simbol dan kesatuan, ruang kepahlawanan, ruang densus 88 AT, ruang labfor, dan ruang penegakan hukum.Hall of Fame merupakan ruangan yang didedikasikan untuk mantan pimpinan Kepolisian Negara Republik Indonesia dan berisi foto mereka. Ruang koleksi

Museum Polri merupakan museum yang dibuat untuk melestarikan nilai nilai kesejarahan polisi yang diprakarsai oleh Kapolri Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri. Museum ini pertama kali diresmikan pada tanggal 1 Juli 2009 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Ruang-ruang yang terdapat di museum ini ditata dengan konsep galeri. Meski bukan bangunan lama, gedung museum didesain seperti bangunan tahun 70-an dengan jendela-jendela modern. Museum juga menyediakan kids corner yang dapat digunakan pengunjung untuk tempat bermain anak-anak mereka. Selain itu juga terdapat perpustakaan yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk membaca buku.

Menjadi ruang-ruang tematik yang terdiri dari hall of fame, ruang koleksi dan peristiwa, ruang sejarah, ruang simbol dan kesatuan, ruang kepahlawanan, ruang densus 88 AT, ruang labfor, dan ruang penegakan hukum.

Hall of Fame merupakan ruangan yang didedikasikan untuk mantan pimpinan Kepolisian Negara Republik Indonesia dan berisi foto mereka. Ruang koleksi dan peristiwa berisi koleksi peralatan utama dan alat bantu utama Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam menjalankan tugas. Ruang sejarah berisi mengenai sejarah dan perkembangan Kepolisian Negara Republik Indonesia. Ruang simbol dan kesatuan diisi dengan berbagai jenis pangkat dan lambang yang dimiliki Kepolisian Negara Republik Indonesia dari masa ke masa. Ruang kepahlawanan memberikan gambaran mengenai polisi-polisi yang bertugas di wilayah konik atau wilayah yang sering dihindari bagi orang kebanyakan.

Sementara ruang penegakan hukum memberikan gambaran tentang kejahatan-kejahatan yang ada di dunia dan cara polisi menangani kejadian-kejadian tersebut.

Museum Polri
Jl. Trunojoyo No.3, Kebayoran Baru Jakarta selatan
D.K.I. Jakarta

Website : -

Phone : 021 7210654

Email : inp.museum@gmail.com

Jam Buka
  • Senin-Minggu
    09.00 - 16.00
  • Hari Libur Nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Gratis
Pesan Kunjungan