Museum Prof. Dr. R. Soegarda Poerbakawatja


Museum Prof. Dr. R. Soegarda Poerbakawatja didirikan pada 24 April 2003 sebagai museum pertama di Kabupaten Purbalingga. Museum ini dibangun karena Purbalingga memiliki banyak potensi sejarah, terutama benda peninggalan masa prasejarah. Koleksi yang ditampilkan kini berfilosofi: wisma, wanita, kukila, turangga, dan pusaka. Museum Prof. Dr. R Soegarda Purbakawatja diresmikan oleh Gubernur Jawa Tengah saat itu Mardiyanto dengan nama Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Perpustakaan Umum dan Museum Budaya dan Prof. Dr. R Soegarda Purbakawatja. Museum ini berada di bawah kepemilikan Pemerintah Daerah Kabupaten Purbalingga.Koleksi yang dipamerkan di museum ini adalah benda-benda bernilai sejarah dan budaya yang menggambarkan pilar kesuksesan hidup seseorang yang juga menjadi filosifi dalam kehidupan seseorang. Koleksi di Museum Soegarda telah menembus angka diatas 2000 buah. Namun karena keterbatasan ruang, sebagian koleksi mata uang, wayang dan artefak dipindahkan ke museum khusus di komple

Museum Prof. Dr. R. Soegarda Poerbakawatja didirikan pada 24 April 2003 sebagai museum pertama di Kabupaten Purbalingga. Museum ini dibangun karena Purbalingga memiliki banyak potensi sejarah, terutama benda peninggalan masa prasejarah. Koleksi yang ditampilkan kini berfilosofi: wisma, wanita, kukila, turangga, dan pusaka. Museum Prof. Dr. R Soegarda Purbakawatja diresmikan oleh Gubernur Jawa Tengah saat itu Mardiyanto dengan nama Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Perpustakaan Umum dan Museum Budaya dan Prof. Dr. R Soegarda Purbakawatja. Museum ini berada di bawah kepemilikan Pemerintah Daerah Kabupaten Purbalingga.

Koleksi yang dipamerkan di museum ini adalah benda-benda bernilai sejarah dan budaya yang menggambarkan pilar kesuksesan hidup seseorang yang juga menjadi filosifi dalam kehidupan seseorang. Koleksi di Museum Soegarda telah menembus angka diatas 2000 buah. Namun karena keterbatasan ruang, sebagian koleksi mata uang, wayang dan artefak dipindahkan ke museum khusus di kompleks Sanggaluri Park, Karang Banjar. Koleksi lainnya adalah batu, logam, keramik, kayu, dan foto. Koleksi unggulan museum ini adalah memorial Prof. Dr. R. Soegarda sebagai tokoh pendiri asal Purbalingga. 

Museum Prof. Dr. R. Soegarda Poerbakawatja
Jl. Alun-Alun Utara No. 1, Purbalingga
Jawa Tengah

Website : -

Phone : (0281) 892086

Email : museumsoegarda@gmail.com

Jam Buka
  • Senin-Sabtu
    08.00-14.00
  • (TUTUP)
Tiket Masuk
Gratis
Pesan Kunjungan