Museum Purna Bhakti Pertiwi


Museum Purna Bhakti Pertiwi merupakan museum khusus yang diresmikan pada 23 Agustus 1993 oleh Presiden Republik Indonesia Ke-2, Soeharto. Pendirian museum berasal dari gagasan Ibu Tien Soeharto yang meresmikan museum bertepatan dengan ulang tahunnya. Museum Purna Bhakti Pertiwi merupakan wahana pelestarian bendabenda bersejarah yang berkaitan dengan perjuangan dan pengabdian Presiden Soeharto dan Ibu Tien Soeharto kepada bangsa Indonesia, sejak masa kemerdekaan hingga masa pembangunan. Arsitektur bangunan utama berupa sebuah kerucut besar yang dikelilingi sembilan kerucut kecil. Di sekililing bangunan utama terdapat empat bangunan penunjang dengan bentuk kerucut ukuran sedang yang tepat berada di empat arah mata angin. Keempat bangunan tersebut tersambung ke bangunan utama dan masing-masing memiliki fungsi yang berlainan. Bentuk kerucut merupakan adaptasi dari bentuk nasi tumpeng, sebagai simbolisasi dari rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Museum berada di bawah kepemilikan dan

Museum Purna Bhakti Pertiwi merupakan museum khusus yang diresmikan pada 23 Agustus 1993 oleh Presiden Republik Indonesia Ke-2, Soeharto. Pendirian museum berasal dari gagasan Ibu Tien Soeharto yang meresmikan museum bertepatan dengan ulang tahunnya. Museum Purna Bhakti Pertiwi merupakan wahana pelestarian bendabenda bersejarah yang berkaitan dengan perjuangan dan pengabdian Presiden Soeharto dan Ibu Tien Soeharto kepada bangsa Indonesia, sejak masa kemerdekaan hingga masa pembangunan.

Arsitektur bangunan utama berupa sebuah kerucut besar yang dikelilingi sembilan kerucut kecil. Di sekililing bangunan utama terdapat empat bangunan penunjang dengan bentuk kerucut ukuran sedang yang tepat berada di empat arah mata angin. Keempat bangunan tersebut tersambung ke bangunan utama dan masing-masing memiliki fungsi yang berlainan. Bentuk kerucut merupakan adaptasi dari bentuk nasi tumpeng, sebagai simbolisasi dari rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Museum berada di bawah kepemilikan dan pengelolaan Yayasan Purna Bhakti Pertiwi. 

Museum Purna Bhakti Pertiwi
Taman Mini Indonesia Indah, Jl. Raya Taman Mini, Jakarta Timur
D.K.I. Jakarta

Website : www.tamanmini.com

Phone : (021) 87792078

Email : museumpurnabhaktipertiwi@gmail.com

Jam Buka
  • Selasa-Minggu
    09.00 – 16.00
  • Senin (TUTUP)
Tiket Masuk
Dewasa : Rp. 5,000
Anak-anak : Rp. 3,000
Wisatawan Asing : Rp. 0
Pesan Kunjungan