Museum Puro Mangkunegaran


Museum Puro Mangkunegaran adalah museum khusus yang menyimpan koleksi benda bersejarah milik Puro Mangkunegaran yang dikumpulkan sejak tahun 1926. Museum Puro Mangkunegaran dibuka untuk umum pada tahun 1968. Museum ini menempati bangunan utama bernama Dalem Ageng. Dalem Ageng merupakan bangunan yang menjadi tempat diadakannya upacara-upacara tradisional dan memiliki bentuk limasan dengan delapan buah tiang penyangga (saka guru), dan tidak memiliki plafon, sehingga usuk-usuk dan reng-reng dapat dilihat, yang merupakan simbol dari matahari (Surya Sumirat).Memasuki bangunan museum nampak koleksi barang-barang bersejarah yang tertata rapi. Perhiasan milik raja dan permaisuri yang terbuat dari emas berupa anting, cincin, kalung, subang, gelang tangan, gelang bahu, jam, rantai, badong, dan perlengkapan menari. Selain itu, terdapat koleksi senjata seperti pedang, keris, tombak, dan perlengkapan berburu. Dipamerkan pula perabotan makan yang terbuat dari perunggu. Tak ketinggalan perlengkapan u

Museum Puro Mangkunegaran adalah museum khusus yang menyimpan koleksi benda bersejarah milik Puro Mangkunegaran yang dikumpulkan sejak tahun 1926. Museum Puro Mangkunegaran dibuka untuk umum pada tahun 1968. Museum ini menempati bangunan utama bernama Dalem Ageng. Dalem Ageng merupakan bangunan yang menjadi tempat diadakannya upacara-upacara tradisional dan memiliki bentuk limasan dengan delapan buah tiang penyangga (saka guru), dan tidak memiliki plafon, sehingga usuk-usuk dan reng-reng dapat dilihat, yang merupakan simbol dari matahari (Surya Sumirat).

Memasuki bangunan museum nampak koleksi barang-barang bersejarah yang tertata rapi. Perhiasan milik raja dan permaisuri yang terbuat dari emas berupa anting, cincin, kalung, subang, gelang tangan, gelang bahu, jam, rantai, badong, dan perlengkapan menari. Selain itu, terdapat koleksi senjata seperti pedang, keris, tombak, dan perlengkapan berburu. Dipamerkan pula perabotan makan yang terbuat dari perunggu. Tak ketinggalan perlengkapan untuk upacara yakni sumbu (tempat sapu tangan), tempat sirih, dan kecohan/tempat meludah.

Museum Puro Mangkunegaran
Kompleks Istana Mangkunegaran, Jl. Ronggowarsito, Keprabon, Banjarsari, Surkarta, Jawa Tengah 57131
Jawa Tengah

Phone : 0271-644946

Email : puromangkunegaran@gmail.com

Jam Buka
  • Senin-Minggu
    08.30-14.30
  • (TUTUP)
Tiket Masuk
Dewasa : Rp. 10,000
Anak-anak : Rp. 10,000
Wisatawan Asing : Rp. 20,000
Pesan Kunjungan