Museum Pusaka Keraton Kasepuhan


Museum Pusaka Keraton Kasepuhan merupakan museum khusus yang didirikan untuk melindungi sejarah dari Keraton Kasepuhan di Cirebon. Museum ini menyimpan bendabenda pusaka peninggalan pemimpin Keraton Kasepuhan sejak masa lalu, mulai dari masa Padjajaran, Fatahillah, Sunan Gunung Jati, Panembahan Ratu, hingga Sultan Sepuh I sekarang. Meskipun museum dikelola pihak keraton, namun tidak membuat nuansa di dalam museum seperti museum konvensional pada umumnya, di dalam museum ini terdapat peralatan canggih yang menambah kesan modern pada museum, seperti cctv, pendingin ruangan, pencahayaan, ruang souvenir dan juga terdapat kafetaria. Renovasi ini dilakukan oleh pihak keraton untuk menarik minat pengunjung dalam mempelajari sejarah dari Keraton Kasepuhan, dengan menawarkan suasana modern yang bisa dinikmati banyak orang, termasuk para pemuda yang suka bepergian. Terdapat lebih dari 2.000 pusaka koleksi museum yang dapat dinikmati dan dipelajari oleh pengunjung. Bangunan museum berada di dalam

Museum Pusaka Keraton Kasepuhan merupakan museum khusus yang didirikan untuk melindungi sejarah dari Keraton Kasepuhan di Cirebon. Museum ini menyimpan bendabenda pusaka peninggalan pemimpin Keraton Kasepuhan sejak masa lalu, mulai dari masa Padjajaran, Fatahillah, Sunan Gunung Jati, Panembahan Ratu, hingga Sultan Sepuh I sekarang. Meskipun museum dikelola pihak keraton, namun tidak membuat nuansa di dalam museum seperti museum konvensional pada umumnya, di dalam museum ini terdapat peralatan canggih yang menambah kesan modern pada museum, seperti cctv, pendingin ruangan, pencahayaan, ruang souvenir dan juga terdapat kafetaria. Renovasi ini dilakukan oleh pihak keraton untuk menarik minat pengunjung dalam mempelajari sejarah dari Keraton Kasepuhan, dengan menawarkan suasana modern yang bisa dinikmati banyak orang, termasuk para pemuda yang suka bepergian. Terdapat lebih dari 2.000 pusaka koleksi museum yang dapat dinikmati dan dipelajari oleh pengunjung.

Bangunan museum berada di dalam Kompleks Keraton Kasepuhan. Pada tahun 1518 putra Prabu Siliwangi dari Kerajaan Pajajaran, Pangeran Cakrabuana, membangun keraton dan mendirikan Kesultanan Cirebon bersama dengan keponakanya, Syarif Hidayatullah atau yang sekarang lebih dikenal sebagai Sunan Gunung Jati. Kemudian pada tahun 1529 dengan Candra Sangkala Tunggal Tata Gunaning Wong membangun di sebelahnya Keraton Pakungwati, yang kesemuanya dikenal sebagai Keraton Kasepuhan.

Museum Pusaka Keraton Kasepuhan
Jl. Kasepuhan No.43, Kesepuhan, Lemahwungkuk, Kesepuhan, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat
Jawa Barat

Website : kasepuhan.com/

Phone : (0231) 225511

Email : Info@Kasepuhan.com

Jam Buka
  • Senin-Minggu
    08.00-18.00
  • (TUTUP)
Tiket Masuk
Dewasa : Rp. 20,000
Anak-anak : Rp. 10,000
Wisatawan Asing : Rp. 70,000
Pesan Kunjungan