Museum Pusaka Nias


Museum Pusaka Nias merupakan museum umum yang dimiliki dan dikelola oleh Yayasan Pusaka Nias. Sejak tahun 1972 salah seorang Misionaris Gereja Katolik bernama pastor Johannes M. Hammerle, OFMCap. sudah memulai mengeoleksi benda-benda budaya, seni dan sejarah masyarakat Nias. Lama kelamaan jumlah koleksinya semakin banyak dan dengan teliti beliau mencatat nama dan kegunaannya masing-masing. Dari banyaknya koleksi yang dimiliki tersebut. Pastor Johannes mengusulkan kepada Dewan  Ordonya yakni Ordo Kapusin Provinsi Sibolga untuk mendirikan museum Nias.Pada kapitel Ordo Kapusin Provinsi Sibolga pada tanggal 28-30 Juli 1990. Pastor Hadrian Hess, OFMCap. menyampaikan suatu ceramah tentang pentingnya untuk melestarikan budaya dan mendirikan museum Nias. Kemudian dalam rapat pleno Ordo Kapusin Provinsi Sibolga diputuskan bersama untuk mendirikan Museum Nias dengan lokasi Kota Gunungsitoli, Kabupaten Nias, karena di Kota Gunungsitoli mayoritas generasi muda Nias melanjutkan studinya ke kot

Museum Pusaka Nias merupakan museum umum yang dimiliki dan dikelola oleh Yayasan Pusaka Nias. Sejak tahun 1972 salah seorang Misionaris Gereja Katolik bernama pastor Johannes M. Hammerle, OFMCap. sudah memulai mengeoleksi benda-benda budaya, seni dan sejarah masyarakat Nias. Lama kelamaan jumlah koleksinya semakin banyak dan dengan teliti beliau mencatat nama dan kegunaannya masing-masing. Dari banyaknya koleksi yang dimiliki tersebut. Pastor Johannes mengusulkan kepada Dewan  Ordonya yakni Ordo Kapusin Provinsi Sibolga untuk mendirikan museum Nias.

Pada kapitel Ordo Kapusin Provinsi Sibolga pada tanggal 28-30 Juli 1990. Pastor Hadrian Hess, OFMCap. menyampaikan suatu ceramah tentang pentingnya untuk melestarikan budaya dan mendirikan museum Nias. Kemudian dalam rapat pleno Ordo Kapusin Provinsi Sibolga diputuskan bersama untuk mendirikan Museum Nias dengan lokasi Kota Gunungsitoli, Kabupaten Nias, karena di Kota Gunungsitoli mayoritas generasi muda Nias melanjutkan studinya ke kota ini. Dalam pengurusan dan pendirian museum ini. Ordo Kapusin Provinsi Sibolga mempercayakan kepada Pastor Johannes hingga sekarang.

Di dalam museum ini memiliki barang koleksi museum dengan jumlah kurang lebih 6.500 koleksi benda dan pakaian yang memiliki banyak sekali sejarah bagi warga pulau Nias.

(Sumber : Katalog Museum Indonesia - Dit. PCBM)
Museum Pusaka Nias
Jl. Yos Sudarso No. 134A, Saombo, Gunungsitoli, Sumatera Utara
Sumatera Utara

Website : museum-nias.org

Phone : 0639 22286

Email : info@museum-nias.org

Jam Buka
  • Senin - Minggu
    08.00 - 18.00
  • Hari Libur Nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Dewasa : Rp. 5,000
Anak-anak : Rp. 3,000
Wisatawan Asing : Rp. 20,000
Pesan Kunjungan