Museum Pusaka


Museum Pusaka merupakan museum khusus yang diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Ke-2, Soeharto pada tanggal 20 April 1993. Museum Pusaka didirikan bertujuan untuk mengumpulkan, merawat, dan memperagakan benda-benda pusaka. Selain itu, Museum Pusaka bertugas untuk memberikan informasi kepada pengunjung dengan harapan dapat memberikan dan memperluas wawasan budaya masyarakat, khususnya generasi penerus bangsa. Museum berada di bawah pengelolaan Yayasan Harapan Kita. Mulanya koleksi Museum Pusaka merupakan koleksi pribadi milik Bapak Masagung yang kemudian dihibahkan kepada museum. Sampai saat ini koleksi museum sudah memiliki koleksi sekitar 5.928 pusaka dari berbagai daerah di Indonesia seperti siwah dari Aceh, piso surit dari Sumatera Utara, keris dari Sumatera Barat, keris dari Jambi, kujang dari Jawa Barat, sabit dari Bali, pedang dari Nusa Tenggara Barat, mandau dari Kalimantan Tengah, badik dari Sulawesi Selatan, keris dari Jawa Tengah, dan pedang DKI Jakarta. Selain memamer
Museum Pusaka merupakan museum khusus yang diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Ke-2, Soeharto pada tanggal 20 April 1993. Museum Pusaka didirikan bertujuan untuk mengumpulkan, merawat, dan memperagakan benda-benda pusaka. Selain itu, Museum Pusaka bertugas untuk memberikan informasi kepada pengunjung dengan harapan dapat memberikan dan memperluas wawasan budaya masyarakat, khususnya generasi penerus bangsa. Museum berada di bawah pengelolaan Yayasan Harapan Kita.

Mulanya koleksi Museum Pusaka merupakan koleksi pribadi milik Bapak Masagung yang kemudian dihibahkan kepada museum. Sampai saat ini koleksi museum sudah memiliki koleksi sekitar 5.928 pusaka dari berbagai daerah di Indonesia seperti siwah dari Aceh, piso surit dari Sumatera Utara, keris dari Sumatera Barat, keris dari Jambi, kujang dari Jawa Barat, sabit dari Bali, pedang dari Nusa Tenggara Barat, mandau dari Kalimantan Tengah, badik dari Sulawesi Selatan, keris dari Jawa Tengah, dan pedang DKI Jakarta. Selain memamerkan koleksi, museum juga memiliki besalen yaitu tempat memamerkan dan menunjukkan cara pembuatan pusaka tradisional. Museum memiliki program kegiatan yang dilaksanakan secara berkala yaitu pameran kontemporer, yang dilaksanakan setiap dua bulan sekali seperti workshop mengenai keris atau senjata tradisional lainnya.
Museum Pusaka
Taman Mini Indonesia Indah, Jl. Raya Taman Mini, Jakarta Timur
D.K.I. Jakarta

Website : -

Phone : (021) 8404155

Email : museum.pusaka@tamanmini.com

Jam Buka
  • Senin-Minggu
    09.00 – 16.00
  • (TUTUP)
Tiket Masuk
Dewasa : Rp. 10,000
Anak-anak : Rp. 10,000
Wisatawan Asing : Rp. 10,000
Pesan Kunjungan