Museum R. Hamong Wardoyo


Museum R. Hamong Wardoyo merupakan museum yang menjadi salah satu ikon baru Kabupaten Boyolali. Museum itu dibangun di lahan bekas kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Boyolali. Nama R. Hamong Wardoyo diambil dari salah satu nama mantan Bupati Boyolali yakni Bupati ke-sepuluh yang memimpin Boyolali pada 1947. Museum ini berada di bawah kepemilikan Pemerintah Daerah Boyolali dan dikelola oleh Dinas pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Boyolali. Bangunan museum jika dilihat dari luar mirip dengan Museum Louvre di Paris, Perancis. Atap museum mengerucut berupa panel kaca tembus pandang sehingga bentuk bangunan seperti piramida. Museum ini terdiri dari dua lantai dan semua temboknya dicat warna putih. Di dalam museum ada dua ruang utama berbentuk segi enam dengan tangga penghubung lantai I dan II berbentuk spiral. Jika anda berkunjung ke museum ini, anda akan disajikan isian berupa kereta kencana, meriam, keris, kerajinan barang foto-foto mantan Bupati, beberapa pusaka peningg

Museum R. Hamong Wardoyo merupakan museum yang menjadi salah satu ikon baru Kabupaten Boyolali. Museum itu dibangun di lahan bekas kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Boyolali. Nama R. Hamong Wardoyo diambil dari salah satu nama mantan Bupati Boyolali yakni Bupati ke-sepuluh yang memimpin Boyolali pada 1947. Museum ini berada di bawah kepemilikan Pemerintah Daerah Boyolali dan dikelola oleh Dinas pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Boyolali.

Bangunan museum jika dilihat dari luar mirip dengan Museum Louvre di Paris, Perancis. Atap museum mengerucut berupa panel kaca tembus pandang sehingga bentuk bangunan seperti piramida. Museum ini terdiri dari dua lantai dan semua temboknya dicat warna putih. Di dalam museum ada dua ruang utama berbentuk segi enam dengan tangga penghubung lantai I dan II berbentuk spiral. Jika anda berkunjung ke museum ini, anda akan disajikan isian berupa kereta kencana, meriam, keris, kerajinan barang foto-foto mantan Bupati, beberapa pusaka peninggalan Paku Buwono (PB) X dan Arca. Koleksi unggulan museum ini adalah diorama perjalanan Ki Ageng Pandan Arang. 

Museum R. Hamong Wardoyo
Jl. Raya Boyolali Solo, Tegalwire, Mojosongo
Jawa Tengah

Phone : (0276)321359

Email : info@disdikbud.boyolali.info

Jam Buka
  • Senin-Jumat
    08.00-16.00
  • (TUTUP)
Tiket Masuk
Gratis
Pesan Kunjungan