Museum R.A. Kartini Rembang


Museum R.A. Kartini Rembang merupakan museum khusus yang didirikan pada 21 April 1967. Bangunan museum menempati rumah Dinas Bupati Rembang yang pernah ditempati R.A. Kartini bersama suaminya saat menjabat sebagai Bupati Rembang Tahun 1889-1912. Pada awalnya museum disebut sebagai Museum Kamar Pengabdian R.A. Kartini. Setelah revitalisasi pada tahun 2012, Rumah Dinas Bupati Rembang seutuhnya menjadi Museum R.A. Kartini Rembang. Museum ini dikelola oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rembang.Museum RA Kartini Rembang terletak di Jl. Gatot Subroto No.8, Rembang. Bangunan yang didominasi warna hijau putih ini menyimpan koleksi barang pribadi milik R.A. Kartini, seperti tempat tidur, bathub pribadi, tempat jamu, meja makan, mesin jahit, lesung, cermin rias dan juga meja untuk merawat bayi. Di sana juga terdapat ruang yang berisi berbagai karya dari pahlawan nasional itu, diantaranya adalah buku “Habis Gelap Terbitlah Terang”, tulisan tangan surat-surat R.A. Kartini yang diki

Museum R.A. Kartini Rembang merupakan museum khusus yang didirikan pada 21 April 1967. Bangunan museum menempati rumah Dinas Bupati Rembang yang pernah ditempati R.A. Kartini bersama suaminya saat menjabat sebagai Bupati Rembang Tahun 1889-1912. Pada awalnya museum disebut sebagai Museum Kamar Pengabdian R.A. Kartini. Setelah revitalisasi pada tahun 2012, Rumah Dinas Bupati Rembang seutuhnya menjadi Museum R.A. Kartini Rembang. Museum ini dikelola oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rembang.

Museum RA Kartini Rembang terletak di Jl. Gatot Subroto No.8, Rembang. Bangunan yang didominasi warna hijau putih ini menyimpan koleksi barang pribadi milik R.A. Kartini, seperti tempat tidur, bathub pribadi, tempat jamu, meja makan, mesin jahit, lesung, cermin rias dan juga meja untuk merawat bayi. Di sana juga terdapat ruang yang berisi berbagai karya dari pahlawan nasional itu, diantaranya adalah buku “Habis Gelap Terbitlah Terang”, tulisan tangan surat-surat R.A. Kartini yang dikirimkan ke temantemannya di luar negeri dan lukisan karyanya serta foto-foto dirinya beserta keluarga semasa ia hidup. Koleksi unggulan museum ini adalah tulisan Kartini “Kongso Adu Jago”.

Museum R.A. Kartini Rembang
Jl. Gatot Subroto No. 8, Rembang
Jawa Tengah

Website : -

Phone : (0296) 691911

Email : dinbudpar.rembang@gmail.com

Jam Buka
  • Senin-Minggu
    08.00-15.00
  • (TUTUP)
Tiket Masuk
Dewasa : Rp. 2,000
Anak-anak : Rp. 2,000
Wisatawan Asing : Rp. 2,000
Pesan Kunjungan