Museum RS. Mata “Dr. YAP”


Museum RS. Mata “Dr. YAP” merupakan museum khusus yang didirikan oleh Dr. Yap Hong Tjoen dan diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono VIII pada tahun 1923. Museum Rumah Sakit Mata “Dr. YAP” berdiri karena banyaknya barang-barang peninggalan almarhum Dr. Yap Hong Tjoen dan DR. Yap Kie Tiong yang sudah beberapa tahun tersimpan di dalam gudang Rumah Sakit Mata Dr. Yap. Berlatar belakang dari banyaknya barang yang tidak digunakan tersebut kemudian Yayasan Rumah Sakit Mata Dr. Yap Prawirohusodo mulai memikirkan kemungkinan dibuatnya Museum Rumah Sakit Mata Dr. Yap.Atas inisiatif Direksi Rumah Sakit Mata Dr. Yap (Dr. Basarodin, Dr. Tri Sutartin Radjiman, Dr. Wasisdi Gunawan, Ignatius Rudhyanto, dan J. Handoyo), Direktur RS Mata Dr. Yap (Dr. Tri Sutartin Radjiman) memohon izin kepada Ketua Yayasan (Dr. Soehardi) untuk membersihkan dan menata barang- barang tersebut dan sebagian buku- buku yang sudah hancur serta telah dibuang. Setelah mendapat izin dari keluarga Dr. Yap Hong Tjoen ya

Museum RS. Mata “Dr. YAP” merupakan museum khusus yang didirikan oleh Dr. Yap Hong Tjoen dan diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono VIII pada tahun 1923. Museum Rumah Sakit Mata “Dr. YAP” berdiri karena banyaknya barang-barang peninggalan almarhum Dr. Yap Hong Tjoen dan DR. Yap Kie Tiong yang sudah beberapa tahun tersimpan di dalam gudang Rumah Sakit Mata Dr. Yap. Berlatar belakang dari banyaknya barang yang tidak digunakan tersebut kemudian Yayasan Rumah Sakit Mata Dr. Yap Prawirohusodo mulai memikirkan kemungkinan dibuatnya Museum Rumah Sakit Mata Dr. Yap.

Atas inisiatif Direksi Rumah Sakit Mata Dr. Yap (Dr. Basarodin, Dr. Tri Sutartin Radjiman, Dr. Wasisdi Gunawan, Ignatius Rudhyanto, dan J. Handoyo), Direktur RS Mata Dr. Yap (Dr. Tri Sutartin Radjiman) memohon izin kepada Ketua Yayasan (Dr. Soehardi) untuk membersihkan dan menata barang- barang tersebut dan sebagian buku- buku yang sudah hancur serta telah dibuang. Setelah mendapat izin dari keluarga Dr. Yap Hong Tjoen yang berada di Negeri Belanda, yaitu putra-putri Dr. Yap Hong Tjoen (Ir. Yap Kie Han dan Ir. Yap May Hwa), akhirnya museum ini resmi dibuka oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X. Museum berada di bawah kepemilikan dan pengelolaan Yayasan Dr. Yap Prawirohusodo. 

Museum RS. Mata “Dr. YAP”
Kompleks Rumah Sakit Mata Dr. Yap Jl. Cik Ditiro No. 5, Yogyakarta
Daerah Istimewa Yogyakarta

Website : -

Phone : (0274) 516051

Email : yayasandr.yapprawirohusodo@yahoo.com

Jam Buka
  • Senin-Sabtu
    09.00-15.00
  • Minggu dan libur nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Gratis
Pesan Kunjungan