Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta


Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta merupakan museum khusus yang di dalamnya menceritakan kondisi keluarga Bung Hatta yang sesungguhnya. Rumah ini sebenarnya milik keluarga ibu Bung Hatta. Dalam sistem adat di Minangkabau, seorang laki-laki apabila telah menikah maka ia akan tinggal di rumah isterinya. Memasuki rumah ini, di sebelah kiri terdapat kamar bujang yang ditempati Bung Hatta saat belum berkeluarga. Di sisi kanannya terdapat kamar yang dulunya digunakan oleh kakek Bung Hatta untuk menjalankan usaha ekspedisinya. Di lantai bawah terdapat dua kamar yang ditempati oleh paman Bung Hatta.Di luar rumah terdapat dua lumbung padi dan juga berderet kamar Bung Hatta saat masih remaja (kamar bujang). Rumah ini tidak berbentuk rumah adat khas Minangkabau yang bergonjong namun bentuk dasarnya masih mengambil desain arsitektur asli Melayu yakni rumah panggung. Belum ada keterangan mengenai kenapa rumah ini tidak berbentuk bergonjong dan lumbung padi yang terletak di belakang rumah. Bagian int

Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta merupakan museum khusus yang di dalamnya menceritakan kondisi keluarga Bung Hatta yang sesungguhnya. Rumah ini sebenarnya milik keluarga ibu Bung Hatta. Dalam sistem adat di Minangkabau, seorang laki-laki apabila telah menikah maka ia akan tinggal di rumah isterinya. Memasuki rumah ini, di sebelah kiri terdapat kamar bujang yang ditempati Bung Hatta saat belum berkeluarga. Di sisi kanannya terdapat kamar yang dulunya digunakan oleh kakek Bung Hatta untuk menjalankan usaha ekspedisinya. Di lantai bawah terdapat dua kamar yang ditempati oleh paman Bung Hatta.

Di luar rumah terdapat dua lumbung padi dan juga berderet kamar Bung Hatta saat masih remaja (kamar bujang). Rumah ini tidak berbentuk rumah adat khas Minangkabau yang bergonjong namun bentuk dasarnya masih mengambil desain arsitektur asli Melayu yakni rumah panggung. Belum ada keterangan mengenai kenapa rumah ini tidak berbentuk bergonjong dan lumbung padi yang terletak di belakang rumah.

Bagian interior masih terdapat pengaruh kebudayaan Minangkabau di mana tidak terdapat ruangan yang bersekat. Ruangan tidak bersekat karena diperlukan ketika terjadi prosesi adat seperti penikahan dan sebagainya. Rumah ini pernah direnovasi oleh Yayasan Pendidikan Wawasan Nusantara yang mengelola Universitas Bung Hatta pada bulan September 1994. Koleksi yang dipamerkan di dalam museum berupa peralatan rumah yang berhubungan dengan kehidupan masa kecil Bung Hatta seperti tempat tidur, lemari, kursi, jam antik, meja, dan peralatan dapur.

(Sumber : Katalog Museum Indonesia - Dit. PCBM)

Koleksi


https://iheritage.id/img/BE/content/museum/20200331287.03.43 PM.png
Rumah Kelahiran Bung Hatta
Topik : Bangunan Bersejarah
Lokasi : Sumatera Barat
Media : video
Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta
Jl. Soekarno Hatta No. 37, Guguh Panjang, Bukittinggi, Sumatera Barat
Sumatera Barat

Website : -

Phone : 0752- 644488

Email : dikbudaya17@gmail.com

Jam Buka
  • Senin - Jumat
    08.00 - 16.00
  • Hari Libur Nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Gratis
Pesan Kunjungan