Museum Rumah Sejarah Kalijati


Museum Rumah Sejarah Kalijati merupakan museum khusus yang diresmikan dan dibuka untuk umum pada 21 Juli 1986 oleh Komandan Pangkalan Udara Kalijati Letnan Kolonel Pnb Ali BZE. Inisiatif pembukaan museum berasal dari Letnan Kolonel Pnb Ali BZE dengan tujuan untuk menggugah generasi muda agar mengetahui peristiwa bersejarah terkait Perjanjian Kalijati. Keinginan tersebut kemudian diikuti dengan melengkapi benda koleksi museum tersebut. Museum berada di bawah kepemilikan TNI Angkatan Udara serta dikelola secara bersama-sama oleh TNI Angkatan Udara dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang. Bangunan museum pada awalnya merupakan rumah dinas biasa yang dibangun pada 1917 untuk tempat tinggal Perwira Staf dari Sekolah Penerbangan Hindia Belanda di PU Kalijati. Rumah tersebut kemudian digunakan sebagai tempat perundingan penyerahan kekuasaan dari pemerintah Kolonial Belanda ke Jepang pada 8 Maret 1942. Pertemuan tersebut mengasilkan sebuah perjanjian yang bernama Perjanjian Kalija

Museum Rumah Sejarah Kalijati merupakan museum khusus yang diresmikan dan dibuka untuk umum pada 21 Juli 1986 oleh Komandan Pangkalan Udara Kalijati Letnan Kolonel Pnb Ali BZE. Inisiatif pembukaan museum berasal dari Letnan Kolonel Pnb Ali BZE dengan tujuan untuk menggugah generasi muda agar mengetahui peristiwa bersejarah terkait Perjanjian Kalijati. Keinginan tersebut kemudian diikuti dengan melengkapi benda koleksi museum tersebut. Museum berada di bawah kepemilikan TNI Angkatan Udara serta dikelola secara bersama-sama oleh TNI Angkatan Udara dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang.

Bangunan museum pada awalnya merupakan rumah dinas biasa yang dibangun pada 1917 untuk tempat tinggal Perwira Staf dari Sekolah Penerbangan Hindia Belanda di PU Kalijati. Rumah tersebut kemudian digunakan sebagai tempat perundingan penyerahan kekuasaan dari pemerintah Kolonial Belanda ke Jepang pada 8 Maret 1942. Pertemuan tersebut mengasilkan sebuah perjanjian yang bernama Perjanjian Kalijati.

Museum Rumah Sejarah Kalijati
Kompleks Garuda No. 6 Lanud Suryadarma Kalijati, Kab. Subang, Jawa Barat
Jawa Barat

Website : -

Phone : (0260) 460269

Email : pentaksdm@gmail.com

Jam Buka
  • Senin-Jumat
    08.00-16.00
  • Sabtu, Minggu dan hari libur (Dengan reservasi) (TUTUP)
Tiket Masuk
Gratis
Pesan Kunjungan