Museum Sadurengas


Museum Sadurengas adalah museum umum daerah Kabupaten Paser. Museum ini menempati bekas Istana Kesultanan Paser yang ada di Kalimantan Timur. Museum Sadurengas menempati bangunan bekas tempat tinggal salah satu Sultan Paser, yaitu Aji Tenggara (1844-1873). Pada awal abad ke-20, rumah ini digunakan sebagai istana dari Sultan Ibrahim Khaliludin. Bentuk rumahnya adalah rumah panggung yang dalam bahasa Paser “Kuta Imam Duyu Kina Lenja” yang berarti “Rumah Kediaman Pemimpin yang bertingkat”. Rumah khas Paser ini terbuat dari kayu Kawi dan kayu Ulin, dan biasanya memiliki ukiran atau relief yang dipengaruhi oleh budaya Eropa, Jawa, dan Timur Tengah. Budaya Paser memiliki corak warna yang identik yaitu warna kuning, hijau dan, merah. Pada tahun 2008 dilakukan pemugaran terhadap bangunan museum oleh Dinas Pariwisata Pemerintah Kabupaten Paser. Bangunan museum telah direkomendasikan sebagai cagar budaya dan menunggu ditetapkan oleh Dinas Daerah Kabupaten Paser.Museum Sadurengas berada d

Museum Sadurengas adalah museum umum daerah Kabupaten Paser. Museum ini menempati bekas Istana Kesultanan Paser yang ada di Kalimantan Timur. Museum Sadurengas menempati bangunan bekas tempat tinggal salah satu Sultan Paser, yaitu Aji Tenggara (1844-1873). Pada awal abad ke-20, rumah ini digunakan sebagai istana dari Sultan Ibrahim Khaliludin. Bentuk rumahnya adalah rumah panggung yang dalam bahasa Paser “Kuta Imam Duyu Kina Lenja” yang berarti “Rumah Kediaman Pemimpin yang bertingkat”. Rumah khas Paser ini terbuat dari kayu Kawi dan kayu Ulin, dan biasanya memiliki ukiran atau relief yang dipengaruhi oleh budaya Eropa, Jawa, dan Timur Tengah. Budaya Paser memiliki corak warna yang identik yaitu warna kuning, hijau dan, merah. Pada tahun 2008 dilakukan pemugaran terhadap bangunan museum oleh Dinas Pariwisata Pemerintah Kabupaten Paser. Bangunan museum telah direkomendasikan sebagai cagar budaya dan menunggu ditetapkan oleh Dinas Daerah Kabupaten Paser.

Museum Sadurengas berada di bawah kepemilikan dan pengelolaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Paser. Jenis koleksi yang ada di museum terdiri dari geologika, biologika, etnografika, arkeologika, historika, numismatika, filologika, keramologika, seni rupa, teknologika. Koleksi unggulan yang dipamerkan di dalam museum berupa mahkota sultan, lukisan Sultan Ibrahim Khaliludin, lukisan Dayang Waru, baju sultan.

Museum Sadurengas
Jl. Keraton Kec. Pasir Belengkong, Desa Pasir Belengkong, Kab. Paser, Kalimantan Timur
Kalimantan Timur

Website : -

Phone : 08125377862

Email : museumsadurengasofficial@gmail.com

Jam Buka
  • Senin-Minggu
    08.00-16.00
  • Jumat (TUTUP)
Tiket Masuk
Dewasa : Rp. 10,000
Anak-anak : Rp. 10,000
Wisatawan Asing : Rp. 10,000
Pesan Kunjungan