Museum Sejarah Purbakala Pleret


Museum Sejarah Purbakala Pleret merupakan museum khusus yang dibangun sejak tahun 2004 dan dibuka untuk umum pada 10 Maret 2014. Peresmian museum dilaksanakan pada tanggal 13 Desember 2015. Museum ini menyimpan koleksi peninggalan Mataram di wilayah Bantul pada umumnya dan Pleret khususnya. Kecamatan Pleret memiliki nilai historis yang tinggi karena menjadi tempat berdirinya Keraton Kerto dan Keraton Pleret. Keraton tersebut sudah tidak dapat dijumpai, namun sebagian sisa bangunannya masih terpendam di dalam tanah, dan beberapa komponen bangunan yang rusak tersebar di beberapa wilayah di sekitar museum.Museum berada di bawah kepemilikan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan dikelola oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Koleksi Museum Sejarah Purbakala Pleret biasanya berasal dari hasil penemuan dari Keraton Pleret berupa umpak, berbagai jenis arca Hindu, antefiks, benda logam, uang logam Cina dan lainnya. Selain itu, museum juga memiliki koleksi unggu

Museum Sejarah Purbakala Pleret merupakan museum khusus yang dibangun sejak tahun 2004 dan dibuka untuk umum pada 10 Maret 2014. Peresmian museum dilaksanakan pada tanggal 13 Desember 2015. Museum ini menyimpan koleksi peninggalan Mataram di wilayah Bantul pada umumnya dan Pleret khususnya. Kecamatan Pleret memiliki nilai historis yang tinggi karena menjadi tempat berdirinya Keraton Kerto dan Keraton Pleret. Keraton tersebut sudah tidak dapat dijumpai, namun sebagian sisa bangunannya masih terpendam di dalam tanah, dan beberapa komponen bangunan yang rusak tersebar di beberapa wilayah di sekitar museum.

Museum berada di bawah kepemilikan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan dikelola oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Koleksi Museum Sejarah Purbakala Pleret biasanya berasal dari hasil penemuan dari Keraton Pleret berupa umpak, berbagai jenis arca Hindu, antefiks, benda logam, uang logam Cina dan lainnya. Selain itu, museum juga memiliki koleksi unggulan, berupa Keris Luk 11 Sabuk Inten.  

Museum Sejarah Purbakala Pleret
Jl. Raya Pleret, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul
Daerah Istimewa Yogyakarta

Website : -

Phone : (0274) 564945

Email : sepurpleret@gmail.com

Jam Buka
  • Senin-Minggu
    08.00-15.30
  • Hari libur nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Gratis
Pesan Kunjungan