Museum Serangga


Museum Serangga merupakan museum khusus yang didirikan atas prakarsa pengurus Perhimpunan Kebun Binatang Seluruh Indonesia (PKBSI) dan Museum Zoologicum Bogoriense (MZB) dengan tujuan untuk memperkenalkan keanekaragaman dunia serangga dan merangsang keinginan serta kepedulian masyarakat terhadap peran dan potensinya di alam. Museum diresmikan pada tanggal 20 April 1993 pada ulang tahun Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Ke-18. Pada tahun 1998 didirikanlah fasilitas baru yaitu Taman Kupu-kupu beserta kebun pakan, kandang penangkaran, dan pelestarian kupu-kupu yang dilindungi dan langka. Dalam museum ini terdapat koleksi serangga dari seluruh wilayah di Indonesia. Koleksi di museum ini sekitar 600 jenis yang terdiri dari kupu-kupu, kumbang, dan serangga lainnya.Museum berada di bawah kepemilikan dan pengelolaan Dunia Air dan Dunia Serangga TMII. Museum memiliki tugas untuk memperkenalkan keanekaragaman dunia serangga ke publik. Museum Serangga dan Taman Kupu-kupu memiliki program publik y

Museum Serangga merupakan museum khusus yang didirikan atas prakarsa pengurus Perhimpunan Kebun Binatang Seluruh Indonesia (PKBSI) dan Museum Zoologicum Bogoriense (MZB) dengan tujuan untuk memperkenalkan keanekaragaman dunia serangga dan merangsang keinginan serta kepedulian masyarakat terhadap peran dan potensinya di alam.

Museum diresmikan pada tanggal 20 April 1993 pada ulang tahun Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Ke-18. Pada tahun 1998 didirikanlah fasilitas baru yaitu Taman Kupu-kupu beserta kebun pakan, kandang penangkaran, dan pelestarian kupu-kupu yang dilindungi dan langka. Dalam museum ini terdapat koleksi serangga dari seluruh wilayah di Indonesia. Koleksi di museum ini sekitar 600 jenis yang terdiri dari kupu-kupu, kumbang, dan serangga lainnya.

Museum berada di bawah kepemilikan dan pengelolaan Dunia Air dan Dunia Serangga TMII. Museum memiliki tugas untuk memperkenalkan keanekaragaman dunia serangga ke publik. Museum Serangga dan Taman Kupu-kupu memiliki program publik yaitu Jasa Pelayanan Entomologi, Insect Adventure Camp, Fauna Adventure Camp, Pameran Museum Masuk Sekolah, dan Pameran Bersama dengan instansi lain. Selain Itu, Museum Serangga juga memiliki pameran tematik tentang peran serangga bagi kehidupan, yang tiap enam bulan sekali berganti temanya. Lokasinya masih di dalam Museum Serangga. Semua program publik yang ada di museum ini dapat diikuti oleh pelajar SD, SMP, SMA, dan mahasiswa.

Museum Serangga
Taman Mini Indonesia Indah, Jl. Raya Taman Mini, Jakarta Timur
D.K.I. Jakarta

Website : -

Phone : (021) 87798070

Email : museum.serangga@tamanmini.com

Jam Buka
  • Senin - Minggu
    09.00 - 16.00
  • Hari Libur Nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Dewasa : Rp. 25,000
Anak-anak : Rp. 25,000
Wisatawan Asing : Rp. 25,000
Pesan Kunjungan