Museum Sudirman


Museum Sudirman merupakan museum khusus yang menempati sebuah rumah tua berarsitektur Belanda di Jl. Ade Irma Suryani, tepatnya di samping Taman Badaan, Magelang Utara. Rumah ini dibangun pada tahun 1930 dan digunakan sebagai residen Belanda. Setelah perang gerilya, rumah tersebut digunakan oleh Jenderal Sudirman sebagai tempat istirahat hingga ia wafat pada 29 Januari 1950. Bangunan museum telah menjadi bangunan Cagar Budaya tidak bergerak. Kemudian pada 27 Januari 1975 diresmikan oleh Suparjo Rustam sebagai museum yang kepemilikannya dipegang oleh Pemerintah Kota Magelang dan dikelola oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang. Meskipun terkadang museum tidak terbuka sepanjang hari dan nampak sepi, akan tetapi di dalam museum tersimpan beberapa koleksi barang-barang pribadi maupun kelengkapan dinas kemiliteran Jenderal Sudirman. Nampak di dinding ruang utama tampak papan berbingkai kaca yang memahatkan tulisan mengenai silsilah keluarga besar sang jenderal. Di ruang sisi kiri

Museum Sudirman merupakan museum khusus yang menempati sebuah rumah tua berarsitektur Belanda di Jl. Ade Irma Suryani, tepatnya di samping Taman Badaan, Magelang Utara. Rumah ini dibangun pada tahun 1930 dan digunakan sebagai residen Belanda. Setelah perang gerilya, rumah tersebut digunakan oleh Jenderal Sudirman sebagai tempat istirahat hingga ia wafat pada 29 Januari 1950. Bangunan museum telah menjadi bangunan Cagar Budaya tidak bergerak. Kemudian pada 27 Januari 1975 diresmikan oleh Suparjo Rustam sebagai museum yang kepemilikannya dipegang oleh Pemerintah Kota Magelang dan dikelola oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang.

Meskipun terkadang museum tidak terbuka sepanjang hari dan nampak sepi, akan tetapi di dalam museum tersimpan beberapa koleksi barang-barang pribadi maupun kelengkapan dinas kemiliteran Jenderal Sudirman. Nampak di dinding ruang utama tampak papan berbingkai kaca yang memahatkan tulisan mengenai silsilah keluarga besar sang jenderal. Di ruang sisi kiri, tertata seperangkat meja kursi yang dulunya biasa dipergunakan untuk menjamu tamu maupun untuk duduk santai berkumpul dengan kerabat keluarga. Di ruang yang lain, dipajang pula kursi tandu yang dulu dipergunakan untuk menggotong Jenderal Sudirman pada saat memimpin perang gerilya di tengah hutan dan kampung-kampung terpencil. Koleksi unggulan museum ini adalah meja kursi tamu, meja kursi makan, tempat tidur, meja pencucian jenazah, replika tanda, dan replika jubah. Meskipun tidak sebegitu luas dan lengkap koleksinya, kehadiran Museum Sudirman tetap menjadi aset sejarah yang sangat penting dalam rangka memberikan pembelajaran semangat nasionalisme dan patriotisme kepada generasi muda yang akan menghadapi tantangan zaman yang semakin tidak ringan. 

Museum Sudirman
Jl. Ade Irma Suryani No. 7, Badaan, Kel. Potrobangsan, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang
Jawa Tengah

Phone : 085643915151

Email : bidangkebudayaan.koma@gmail.com

Jam Buka
  • Senin-Sabtu
    08.00-15.30
  • (TUTUP)
Tiket Masuk
Gratis
Pesan Kunjungan