Museum Sultan Mahmud Badaruddin II


Nama Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang diabadikan menjadi nama museum untuk mengingat dan menghargai jasanya bagi kota Palembang. Museum berdiri di atas bangunan Benteng Kuto Lama yang disebut juga Kuto Tengkurokato Kuto Batu. Benteng ini dibakar habis oleh Belanda dan kemudian di atasnya dibangun gedung tempat tinggal Residen Belanda yang sekarang menjadi museum.Sebelum menjadi museum bangunan ini digunakan untuk berbagai kepentingan. Pada Zaman Jepang (1942-1945) gedung digunakan sebagai markas Jepang. Setelah proklamasi dijadikan Teritorium Kodam II Sriwijaya, kemudian ditempati oleh Resimen Induk IV Sriwijaya yang kemudian berpindah pengelolaannya pada Pemerintah Kota Palembang, sebelum akhirnya menjadi museum.Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang merupakan museum khusus yang kepemilikan dan pengelolaannya dipegang oleh Dinas Kebudayaan Kota Palembang. Jenis koleksi yang dipamerkan oleh museum terdiri dari arkeologika, etnografika, biologika, keramologika, seni rupa, dan

Nama Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang diabadikan menjadi nama museum untuk mengingat dan menghargai jasanya bagi kota Palembang. Museum berdiri di atas bangunan Benteng Kuto Lama yang disebut juga Kuto Tengkurokato Kuto Batu. Benteng ini dibakar habis oleh Belanda dan kemudian di atasnya dibangun gedung tempat tinggal Residen Belanda yang sekarang menjadi museum.

Sebelum menjadi museum bangunan ini digunakan untuk berbagai kepentingan. Pada Zaman Jepang (1942-1945) gedung digunakan sebagai markas Jepang. Setelah proklamasi dijadikan Teritorium Kodam II Sriwijaya, kemudian ditempati oleh Resimen Induk IV Sriwijaya yang kemudian berpindah pengelolaannya pada Pemerintah Kota Palembang, sebelum akhirnya menjadi museum.

Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang merupakan museum khusus yang kepemilikan dan pengelolaannya dipegang oleh Dinas Kebudayaan Kota Palembang. Jenis koleksi yang dipamerkan oleh museum terdiri dari arkeologika, etnografika, biologika, keramologika, seni rupa, dan numismatika.

(Sumber : Katalog Museum Indonesia - Dit. PCBM)
Museum Sultan Mahmud Badaruddin II
Jl. Sultan Mahmud Badaruddin II No.2. Kel. Ilir, Kec. Ilir Barat I, Palembang
Sumatera Selatan

Phone : 0733-321071

Email : info@southsumateratourism.com

Jam Buka
  • Senin - Minggu
    08.00 - 16.00
  • Hari Libur Nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Dewasa : Rp. 5,000
Anak-anak : Rp. 1,000
Wisatawan Asing : Rp. 20,000
Pesan Kunjungan