Museum Talagamanggung


Museum Talagamanggung merupakan museum khusus yang sudah berdiri sejak 1991. Sebelumnya museum ini bernama Bumi Alit. Museum berada di bawah kepemilikan dan pengelolaan Yayasan Talagamanggung. Pendirian museum didasarkan pada keinginan untuk mencari dan melindungi peninggalan yang ada di area Talagamanggung. Adanya museum ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat atas peninggalan sejarah dan budaya yang ada di daerah Talagamanggung, dan juga diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta dan jati diri masyarakat atas kebudayaan daerahnya. Selain itu museum juga diharapkan bisa bermanfaat bagi dunia pendidikan dan masyarakat umum dalam implementasi pembangunan di bidang sejarah budaya dan kesenian tradisional sebagai kearifan lokal. Peninggalan adat tradisi Talaga yang masih rutin dilaksanakan di lingkungan Museum Talagamanggung yaitu tradisi “Nyiramkeun benda Pusaka Talaga”. Nyiramkeun adalah sebuah prosesi membersihkan benda peninggalan kerajaan talaga. Tradisi ini rutin dis

Museum Talagamanggung merupakan museum khusus yang sudah berdiri sejak 1991. Sebelumnya museum ini bernama Bumi Alit. Museum berada di bawah kepemilikan dan pengelolaan Yayasan Talagamanggung. Pendirian museum didasarkan pada keinginan untuk mencari dan melindungi peninggalan yang ada di area Talagamanggung. Adanya museum ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat atas peninggalan sejarah dan budaya yang ada di daerah Talagamanggung, dan juga diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta dan jati diri masyarakat atas kebudayaan daerahnya. Selain itu museum juga diharapkan bisa bermanfaat bagi dunia pendidikan dan masyarakat umum dalam implementasi pembangunan di bidang sejarah budaya dan kesenian tradisional sebagai kearifan lokal.

Peninggalan adat tradisi Talaga yang masih rutin dilaksanakan di lingkungan Museum Talagamanggung yaitu tradisi “Nyiramkeun benda Pusaka Talaga”. Nyiramkeun adalah sebuah prosesi membersihkan benda peninggalan kerajaan talaga. Tradisi ini rutin diselenggarakan pada hari senin tanggal akhir di bulan Safar setiap tahunnya. Ritual Nyiramkeun ini merupakan salah satu bentuk penghormatan dan bentuk pelestarian masyarakat Talaga terhadap benda benda warisan nenek moyangnya. 

Museum Talagamanggung
Jl. Talaga Majalengka No. 1, Talagawetan, Talaga, Talagawetan, Talaga, Kab. Majalengka, Jawa Barat
Jawa Barat

Phone : 08121341940

Email : www.museumtalagamanggung@gmail.com

Jam Buka
  • Senin-Minggu
    07.00-18.00
  • (TUTUP)
Tiket Masuk
Gratis
Pesan Kunjungan