Museum Tanah


Museum Tanah merupakan museum khusus yang menyajikan informasi mengenai segala hal berkaitan dengan tanah, diantaranya sampel tanah dari berbagai wilayah di Indonesia dan proses survei serta pemetaan tanah. Museum ini didirikan atas kerjasama antara Kementerian Pertanian dan International Soil Regerence an Information Centre (ISRIC) Wageningen Belanda pada 29 September 1988. Museum menempati bangunan Laboratorium Voor Agrogeologie en Grond Onderzoek yang atau laboratorium untuk perluasan pengetahuan tanah yang didirikan pada 1905. Kemudian pada tahun 1974 berubah menjadi Lembaga Penelitian Tanah sampai akhirnya dibuat museum pada tahun 1988.Museum berada di bawah kepemilikan Kementerian Pertanian dan dikelola oleh Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Kementerian Pertanian. Koleksi museum terdiri atas jenis-jenis tanah yang disajikan dalam ukuran kecil berupa makromonolit, jenis-jenis batuan, contoh-contoh pupuk, perangkat uji tanah, peta-peta, maket, alat survei tanah. Makromono

Museum Tanah merupakan museum khusus yang menyajikan informasi mengenai segala hal berkaitan dengan tanah, diantaranya sampel tanah dari berbagai wilayah di Indonesia dan proses survei serta pemetaan tanah. Museum ini didirikan atas kerjasama antara Kementerian Pertanian dan International Soil Regerence an Information Centre (ISRIC) Wageningen Belanda pada 29 September 1988. Museum menempati bangunan Laboratorium Voor Agrogeologie en Grond Onderzoek yang atau laboratorium untuk perluasan pengetahuan tanah yang didirikan pada 1905. Kemudian pada tahun 1974 berubah menjadi Lembaga Penelitian Tanah sampai akhirnya dibuat museum pada tahun 1988.

Museum berada di bawah kepemilikan Kementerian Pertanian dan dikelola oleh Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Kementerian Pertanian. Koleksi museum terdiri atas jenis-jenis tanah yang disajikan dalam ukuran kecil berupa makromonolit, jenis-jenis batuan, contoh-contoh pupuk, perangkat uji tanah, peta-peta, maket, alat survei tanah. Makromonolit adalah merupakan irisan tegak dari penampang tanah utuh yang diambil contohnya dan kemudian diawetkan sebagai bahan penelitian dan dokumentasi.

Museum Tanah
Jl. Ir. H. Juanda No. 98, Gudang, Bogor Tengah, Kota Bogor
Jawa Barat

Website : -

Phone : 0251 323012

Email : soil-ri@indo.net.id

Jam Buka
  • Senin - Jumat
    09.00 - 16.00
  • Sabtu - Minggu & Hari Libur Nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Gratis
Pesan Kunjungan