Museum Tembi Rumah Budaya


Museum Tembi Rumah Budaya merupakan museum khusus. Museum ini awalnya bernama Lembaga Studi Jawa yang kemudian pindah ke Dusun Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta, pada 6 September 1995. Museum Tembi Rumah Budaya diresmikan pada tanggal 21 Oktober 1999. Bangunan Museum Tembi Rumah Budaya didirikan berdasarkan konsep denah rumah tradisional Jawa yang terdiri atas kuncungan, pendapa, pringgitan, dalem, gadok, dan lainnya. Museum saat ini berada dibawah kepemilikan dan pengelolaan Yayasan Rumah Budaya Tembi.Museum ini menyajikan informasi mengenai tatanan kehidupan atau siklus kehidupan tradisi budaya Jawa. Informasi ini disajikan dalam bentuk infografis dan praktek interaktif. Koleksi yang ada di museum tidak hanya mengenai tradisi budaya Jawa, ada juga peralatan dan macam-macam fasiitas yang digunakan dalam kehidupan adat Jawa. Museum ini juga sering menyelenggarakan acara seni budaya seperti pameran seni rupa, pertunjukan seni tradisional maupun kontemporer, pentas tari dan t

Museum Tembi Rumah Budaya merupakan museum khusus. Museum ini awalnya bernama Lembaga Studi Jawa yang kemudian pindah ke Dusun Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta, pada 6 September 1995. Museum Tembi Rumah Budaya diresmikan pada tanggal 21 Oktober 1999. Bangunan Museum Tembi Rumah Budaya didirikan berdasarkan konsep denah rumah tradisional Jawa yang terdiri atas kuncungan, pendapa, pringgitan, dalem, gadok, dan lainnya. Museum saat ini berada dibawah kepemilikan dan pengelolaan Yayasan Rumah Budaya Tembi.

Museum ini menyajikan informasi mengenai tatanan kehidupan atau siklus kehidupan tradisi budaya Jawa. Informasi ini disajikan dalam bentuk infografis dan praktek interaktif. Koleksi yang ada di museum tidak hanya mengenai tradisi budaya Jawa, ada juga peralatan dan macam-macam fasiitas yang digunakan dalam kehidupan adat Jawa. Museum ini juga sering menyelenggarakan acara seni budaya seperti pameran seni rupa, pertunjukan seni tradisional maupun kontemporer, pentas tari dan teater, musik, hingga pertunjukan pembacaan puisi.

Museum Tembi Rumah Budaya
Jl. Parangtritis KM. 8,4, Timbulharjo, Sewon, Bantul Yogyakarta
Daerah Istimewa Yogyakarta

Website : www.tembi.net

Phone : (0274) 368000

Email : rumahbudayatembi@gmail.com

Jam Buka
  • Senin-Minggu
    08.00-16.00
  • Hari libur nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Gratis
Pesan Kunjungan