Museum Timah Muntok


Museum Timah Indonesia – Muntok merupakan museum khusus yang menjadi pusat informasi mengenai teknologi peleburan timah. Selain itu, di museum ini juga terdapat galeri sejarah yang menggambarkan perkembangan Melayu Bangka, pengasingan Bung Karno, dan sejarah Perang Dunia II. Pada masa Perang Dunia II, Muntok pernah dijadikan sebagai tempat pengasingan tawanan sekutu oleh Jepang. Bangunan museum merupakan bekas Kantor Pusat Banka Tin Winning Bedjriff milik Pemerintah Belanda yang dibangun pada tahun 1915.Museum mulai digagas sejak tahun 2012 dengan langkah awal melakukan konservasi gedung. Kemudian museum diresmikan pada 7 November 2013. Kepemilikan dan pengelolaan Museum Timah Indonesia – Muntok saat ini dipegang oleh PT. Timah Tbk. Jenis koleksi yang dipamerkan di dalam museum terdiri dari geologi, biologika, etnografi, arkeologika, historika, numismatika, heraldika, filologika, keramik, seni rupa, dan teknologika.Koleksi yang ditampilkan pada museum ini meliputi artefak-artefak p

Museum Timah Indonesia – Muntok merupakan museum khusus yang menjadi pusat informasi mengenai teknologi peleburan timah. Selain itu, di museum ini juga terdapat galeri sejarah yang menggambarkan perkembangan Melayu Bangka, pengasingan Bung Karno, dan sejarah Perang Dunia II. Pada masa Perang Dunia II, Muntok pernah dijadikan sebagai tempat pengasingan tawanan sekutu oleh Jepang. Bangunan museum merupakan bekas Kantor Pusat Banka Tin Winning Bedjriff milik Pemerintah Belanda yang dibangun pada tahun 1915.

Museum mulai digagas sejak tahun 2012 dengan langkah awal melakukan konservasi gedung. Kemudian museum diresmikan pada 7 November 2013. Kepemilikan dan pengelolaan Museum Timah Indonesia – Muntok saat ini dipegang oleh PT. Timah Tbk. Jenis koleksi yang dipamerkan di dalam museum terdiri dari geologi, biologika, etnografi, arkeologika, historika, numismatika, heraldika, filologika, keramik, seni rupa, dan teknologika.

Koleksi yang ditampilkan pada museum ini meliputi artefak-artefak penambangan timah, pakaian tradisional masyarakat muntok, peralatan yang digunakan masyarakat Bangka Belitung sehari-hari, serta diorama. Di lantai atas bangunan, terdapat perpustakaan dengan  koleksi buku terkait penambangan timah dan perkembangan Bangka Belitung dari masa ke masa, serta sebuah ruang pertemuan. Di halaman depan museum, saat ini sedang dibangun tugu jam yang merupakan replica dari tugu yang sempat diruntuhkan. Di bagian belakang bangunan terdapat galeri dan tempat beristirahat.

(Sumber : Katalog Museum Indonesia - Dit. PCBM)
Museum Timah Muntok
Jl. Jenderal Sudirman, Muntok, Kab. Bangka Barat
Kepulauan Bangka Belitung

Website : -

Phone : 0717-4258000

Email : fakhrizalabubakar@gmail.com

Jam Buka
  • Senin - Minggu
    08.00 - 16.00
  • Hari Libur Nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Gratis
Pesan Kunjungan