Museum TNI AU Dirgantara Mandala


Museum TNI AU Dirgantara Mandala merupakan museum khusus yang pendiriannya berawal dari keinginan untuk mendokumentasikan kegiatan dan peristiwa bersejarah dari AURI. Museum ini diwujudkan di Kawasan Markas Komando Wilayah Udara V (Makowilu) Jalan Tanah Abang Bukit Jakarta Pusat. Sementara itu di Lembaga Pendidikan AKABRI Bagian Udara Yogyakarta sudah berdiri Museum Pendidikan/ Karbol, sehingga muncul pemikiran untuk menyatukan kedua museum tersebut.Atas dasar pemikiran tersebut, Kepala Staf TNI Angkatan Udara selanjutnya menetapkan Museum Pusat AURI yang semula berkedudukan di Jakarta dipindahkan ke Yogyakarta diintegrasikan dengan Museum Pendidikan/ Karbol menjadi Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala dan memanfaatkan Gedung Link Trainer di Kawasan Ksatrian AKABRI Bagian Udara. Peresmian museum ini dilakukan oleh Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Ashadi Tjahjadi bertepatan dengan Hari Bakti TNI Angkatan Udara tanggal 29 Juli 1978. Perkembangan selanjutnya dilakukan perluasan museum de

Museum TNI AU Dirgantara Mandala merupakan museum khusus yang pendiriannya berawal dari keinginan untuk mendokumentasikan kegiatan dan peristiwa bersejarah dari AURI. Museum ini diwujudkan di Kawasan Markas Komando Wilayah Udara V (Makowilu) Jalan Tanah Abang Bukit Jakarta Pusat. Sementara itu di Lembaga Pendidikan AKABRI Bagian Udara Yogyakarta sudah berdiri Museum Pendidikan/ Karbol, sehingga muncul pemikiran untuk menyatukan kedua museum tersebut.

Atas dasar pemikiran tersebut, Kepala Staf TNI Angkatan Udara selanjutnya menetapkan Museum Pusat AURI yang semula berkedudukan di Jakarta dipindahkan ke Yogyakarta diintegrasikan dengan Museum Pendidikan/ Karbol menjadi Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala dan memanfaatkan Gedung Link Trainer di Kawasan Ksatrian AKABRI Bagian Udara. Peresmian museum ini dilakukan oleh Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Ashadi Tjahjadi bertepatan dengan Hari Bakti TNI Angkatan Udara tanggal 29 Juli 1978. Perkembangan selanjutnya dilakukan perluasan museum dengan memanfaatkan gedung bekas pabrik gula di Wonocatur Lanud Adisutjipto yang diresmikan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Sukardi pada 29 Juli 1984. Koleksi yang dipamerkan di dalam museum berupa, patung, foto, lambang, pakaian dinas, pesawat, diorama, simulator pesawat. 

Museum TNI AU Dirgantara Mandala
Kompleks Pangkalan TNI AU Adisutjipto, Yogyakarta
Daerah Istimewa Yogyakarta

Website : -

Phone : (0274) 484453

Email : dirgantaramandala@ymail.com

Jam Buka
  • Senin-Minggu
    08.30-15.30
  • Hari libur nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Dewasa : Rp. 3,000
Anak-anak : Rp. 3,000
Wisatawan Asing : Rp. 3,000
Pesan Kunjungan