Museum Tragedi 12 Mei ’98 Universitas Trisakti


Museum Tragedi 12 Mei ‘98 Universitas Trisakti merupakan museum khusus yang diresmikan pada tahun 1999. Museum ini dirancang oleh Tim Universitas Trisakti yang diketuai Dr. Ing. Eka Sediadi Rasyad yang saat itu menjabat sebagai Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Trisakti. Museum Tragedi 12 Mei ’98 Universitas Trisakti didirikan sebagai perwujudan peran aktif mahasiswa Trisakti dalam memperjuangkan demokrasi dan hak asasi manusia. Museum ini dibangun untuk mengenang gerakan mahasiswa tahun 1998. Saat itu mahasiswa perguruan tinggi di seluruh Indonesia mengadakan kegiatan unjuk rasa untuk menuntut reformasi. Gerakan tersebut mencapai puncaknya ketika adanya larangan untuk menuju gedung MPR/DPR yang berakhir ricuh. Peristiwa ini menewaskan empat mahasiswa Universitas Trisakti yang semuanya tertembak peluru tajam di dalam area Kampus A Universitas Trisakti. Kejadian ini menjadi pemicu runtuhnya kekuasaan orde baru. Museum ini berada di bawah kepemilikan Univ

Museum Tragedi 12 Mei ‘98 Universitas Trisakti merupakan museum khusus yang diresmikan pada tahun 1999. Museum ini dirancang oleh Tim Universitas Trisakti yang diketuai Dr. Ing. Eka Sediadi Rasyad yang saat itu menjabat sebagai Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Trisakti. Museum Tragedi 12 Mei ’98 Universitas Trisakti didirikan sebagai perwujudan peran aktif mahasiswa Trisakti dalam memperjuangkan demokrasi dan hak asasi manusia.

Museum ini dibangun untuk mengenang gerakan mahasiswa tahun 1998. Saat itu mahasiswa perguruan tinggi di seluruh Indonesia mengadakan kegiatan unjuk rasa untuk menuntut reformasi. Gerakan tersebut mencapai puncaknya ketika adanya larangan untuk menuju gedung MPR/DPR yang berakhir ricuh. Peristiwa ini menewaskan empat mahasiswa Universitas Trisakti yang semuanya tertembak peluru tajam di dalam area Kampus A Universitas Trisakti. Kejadian ini menjadi pemicu runtuhnya kekuasaan orde baru. Museum ini berada di bawah kepemilikan Universitas Trisakti dan dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis Humas Universitas Trisakti. Koleksi yang dipamerkan di dalam museum berupa foto, serta profil dan benda-benda pribadi milik mahasiswa yang gugur saat peristiwa 1998. 

Museum Tragedi 12 Mei ’98 Universitas Trisakti
Jl. Kyai Tapa No.1, RT.6/RW.16, Tomang, Grogol Petamburan, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta
D.K.I. Jakarta

Website : -

Phone : (021) 5663232

Email : humas@trisakti.ac.id

Jam Buka
  • Senin-Jumat
    09.00-15.00
  • (TUTUP)
Tiket Masuk
Gratis
Pesan Kunjungan