Museum Transportasi


Museum Transportasi merupakan museum khusus yang diresmikan pada 20 April 1991 oleh Presiden Republik Indonesia Ke-2, Soeharto. Awalnya museum ini hanya direncanakan menjadi Museum Kereta Api, namun berubah menjadi Museum Transportasi sebagai tujuan mengumpulkan, memelihara, meneliti, dan memamerkan bukti sejarah, dan perkembangan transportasi serta perannya dalam pembangunan nasional. Selain itu, museum ini juga diharapkan dapat memberikan tambahan pengetahuan kepada pengunjung mengenai sejarah perkembangan teknologi transportasi sekaligus sebagai tempat rekreasi yang edukatif.Museum berada di bawah kepemilikan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan dikelola oleh Biro Umum, Sekretaris Jenderal, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Koleksi yang dimiliki merupakan koleksi asli dan miniatur dari berbagai daerah yang masih digunakan maupun yang sudah tidak digunakan lagi di masa kini. Museum ini juga menyajikan berbagai saran rekreasi yang atraktif. Pengunjung dapat memasuk

Museum Transportasi merupakan museum khusus yang diresmikan pada 20 April 1991 oleh Presiden Republik Indonesia Ke-2, Soeharto. Awalnya museum ini hanya direncanakan menjadi Museum Kereta Api, namun berubah menjadi Museum Transportasi sebagai tujuan mengumpulkan, memelihara, meneliti, dan memamerkan bukti sejarah, dan perkembangan transportasi serta perannya dalam pembangunan nasional. Selain itu, museum ini juga diharapkan dapat memberikan tambahan pengetahuan kepada pengunjung mengenai sejarah perkembangan teknologi transportasi sekaligus sebagai tempat rekreasi yang edukatif.

Museum berada di bawah kepemilikan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan dikelola oleh Biro Umum, Sekretaris Jenderal, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Koleksi yang dimiliki merupakan koleksi asli dan miniatur dari berbagai daerah yang masih digunakan maupun yang sudah tidak digunakan lagi di masa kini. Museum ini juga menyajikan berbagai saran rekreasi yang atraktif. Pengunjung dapat memasuki pesawat Garuda Indonesia yang pernah beroperasi ke negara ASEAN dan Australia, dan beberapa moda transportasi lainnya yang bisa dimasuki oleh pengunjung.

Museum Transportasi
Taman Mini Indonesia Indah, Jl. Raya Taman Mini, Jakarta Timur
D.K.I. Jakarta

Phone : 021 8400482

Email : museum.transportasi@yahoo.com

Jam Buka
  • Senin - Minggu
    08.00 - 16.00
  • Hari Libur Nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Dewasa : Rp. 5,000
Anak-anak : Rp. 5,000
Wisatawan Asing : Rp. 5,000
Pesan Kunjungan