Museum Ullen Sentalu


Museum Ullen Sentalu merupakan museum khusus yang terletak di kaki Gunung Merapi, menampilkan “dongeng indah” Kerajaan Mataram Islam dengan cara yang unik. Museum ini didirikan oleh keluarga Haryono pada 1 Maret 1997. Museum Ullen Sentalu, sesuai dengan makna semantiknya memiliki makna “nyala blencong yang menerangi”. Warisan seni budaya tak-benda dari Kasultanan Yogyakarta, Kasunanan Surakarta, Pura Pakualam dan Pura Mangkunegara ini dipreservasi di tempat yang indah, jauh dari keramaian, dan menyatu dengan alam, yaitu Kaliurang. Museum berada di bawah kepemilikan dan pengelolaan Yayasan Ulating Blencong Yogyakarta.Kawasan wisata Kaliurang, tempat Museum Ullen Sentalu berada, sudah populer sejak zaman Belanda sebagai tempat leisure yang dikenal dengan istilah naar boven (ke puncak/ pegunungan). Tempat ini tidak hanya milik pejabat dan noni-noni Belanda, tapi juga para bangsawan Jawa, termasuk putri-putri keraton di masa lalu. Selain itu, museum ini juga mengisahkan bahwa kehid

Museum Ullen Sentalu merupakan museum khusus yang terletak di kaki Gunung Merapi, menampilkan “dongeng indah” Kerajaan Mataram Islam dengan cara yang unik. Museum ini didirikan oleh keluarga Haryono pada 1 Maret 1997. Museum Ullen Sentalu, sesuai dengan makna semantiknya memiliki makna “nyala blencong yang menerangi”. Warisan seni budaya tak-benda dari Kasultanan Yogyakarta, Kasunanan Surakarta, Pura Pakualam dan Pura Mangkunegara ini dipreservasi di tempat yang indah, jauh dari keramaian, dan menyatu dengan alam, yaitu Kaliurang. Museum berada di bawah kepemilikan dan pengelolaan Yayasan Ulating Blencong Yogyakarta.

Kawasan wisata Kaliurang, tempat Museum Ullen Sentalu berada, sudah populer sejak zaman Belanda sebagai tempat leisure yang dikenal dengan istilah naar boven (ke puncak/ pegunungan). Tempat ini tidak hanya milik pejabat dan noni-noni Belanda, tapi juga para bangsawan Jawa, termasuk putri-putri keraton di masa lalu. Selain itu, museum ini juga mengisahkan bahwa kehidupan putri-putri di keraton, selain patuh pada tradisi, juga berpandangan modern. Hal ini dilakukan dengan cara mengangkat cerita mengenai beberapa putri yang memiliki pemikiran “berbeda” pada zamannya.

Museum Ullen Sentalu
Dalem Kaswargan, Jl. Boyong KM. 25, Kaliurang Barat, Yogyakarta
Daerah Istimewa Yogyakarta

Phone : (0274) 895161

Email : info@ullensentalu.com

Jam Buka
  • Selasa-Minggu
    08.30-17.00
  • Senin dan hari libur nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Dewasa : Rp. 40,000
Anak-anak : Rp. 20,000
Wisatawan Asing : Rp. 100,000
Pesan Kunjungan