Museum Yadnya


Museum Yadnya merupakan museum khusus yang pendiriannya sudah dirintis sejak tahun 1974 dan menjadi bagian dari pembangunan Mandala Wisata Mengwi. Pada tahun 1979 dengan memanfaatkan beberapa gedung Mandala Wisata, dibukalah Museum Yadnya yang bertujuan untuk menyelamatkan benda budaya Bali yang berhubungan dengan upacara daur hidup. Museum berada di bawah kepemilikan Pemerintah Kabupaten Badung dan dikelola oleh Unit Pengelola Teknis Museum Yadnya. Pada tahun 2006 museum ini direvitalisasi dan resmi dibuka dengan memamerkan koleksi peralatan upacara Pitra Yadnya yang meliputi upacara Ngaben dan Memukur. Aneka perangkat yang digunakan dalam ritual-ritual keagamaan yang disebut Panca Yadnya. Secara sederhana, Panca Yadnya dapat diartikan sebagai persembahan suci dalam lima dimensi spiritual Hindu. Panca Yadnya mencakup dewa Yadnya (pemujaan pada para dewa), Pitra Yadnya (pemujaan arwah leluhur), Manusa Yadnya (ritual penyempurnaan manusia), Resi Yadnya (pemujaan orang-orang suci at

Museum Yadnya merupakan museum khusus yang pendiriannya sudah dirintis sejak tahun 1974 dan menjadi bagian dari pembangunan Mandala Wisata Mengwi. Pada tahun 1979 dengan memanfaatkan beberapa gedung Mandala Wisata, dibukalah Museum Yadnya yang bertujuan untuk menyelamatkan benda budaya Bali yang berhubungan dengan upacara daur hidup. Museum berada di bawah kepemilikan Pemerintah Kabupaten Badung dan dikelola oleh Unit Pengelola Teknis Museum Yadnya. 

Pada tahun 2006 museum ini direvitalisasi dan resmi dibuka dengan memamerkan koleksi peralatan upacara Pitra Yadnya yang meliputi upacara Ngaben dan Memukur. Aneka perangkat yang digunakan dalam ritual-ritual keagamaan yang disebut Panca Yadnya. Secara sederhana, Panca Yadnya dapat diartikan sebagai persembahan suci dalam lima dimensi spiritual Hindu. Panca Yadnya mencakup dewa Yadnya (pemujaan pada para dewa), Pitra Yadnya (pemujaan arwah leluhur), Manusa Yadnya (ritual penyempurnaan manusia), Resi Yadnya (pemujaan orang-orang suci atau maha resi), dan Bhuta Yadnya (persembahan bagi Sarwa Bhuta).


Museum Yadnya
Jl. Ayodya, Taman Ayun, Mengwi, Badung, Bali
Bali

Website : -

Phone : (0361) 9009274

Email : disbudbadung@yahoo.co.id

Jam Buka
  • Setiap Hari
    08.00-15.00
  • Hari libur nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Gratis
Pesan Kunjungan