Museum Zoologi Bogor


Museum Zoologi Bogor merupakan museum khusus yang didirikan pada 1894 atas gagasan dari J. C. Koningsberger dan diresmikan pada akhir Agustus 1901. Ia merupakan seorang ahli botani Belanda serta salah satu perintis berdirinya Kebun Raya Bogor. Koleksi dari museum ini hasil dari pengumpulan J.C. Koningsberger yang sebagian berasal dari wilayah Indonesia dan sisanya dari beberapa negara. Pada awalnya museum diberi nama Landbouw Zoologisch Museum, kemudian pada 1906 berganti menjadi Zoologisch Museum. Empat tahun kemudian berganti lagi menjadi Zoologisch Museum en Laboratorium, antara tahun 1945-1947 lebih dikenal sebagai Museum Zoologicum Bogoriense dan akhirnya berganti menjadi Museum Zoologi Bogor. Pada awalnya bangunan hanya berupa ruang kecil dan sederhana yang digunakan sebagai laboratorium. Kemudian pada tahun 1901, didirikan gedung baru yang menjadi Museum. Gedung baru ini menjadi ruang koleksi, ruang kerja, ruang pameran dan laboratorium. Museum berada di bawah kepemilikan Pusat

Museum Zoologi Bogor merupakan museum khusus yang didirikan pada 1894 atas gagasan dari J. C. Koningsberger dan diresmikan pada akhir Agustus 1901. Ia merupakan seorang ahli botani Belanda serta salah satu perintis berdirinya Kebun Raya Bogor. Koleksi dari museum ini hasil dari pengumpulan J.C. Koningsberger yang sebagian berasal dari wilayah Indonesia dan sisanya dari beberapa negara. Pada awalnya museum diberi nama Landbouw Zoologisch Museum, kemudian pada 1906 berganti menjadi Zoologisch Museum. Empat tahun kemudian berganti lagi menjadi Zoologisch Museum en Laboratorium, antara tahun 1945-1947 lebih dikenal sebagai Museum Zoologicum Bogoriense dan akhirnya berganti menjadi Museum Zoologi Bogor.

Pada awalnya bangunan hanya berupa ruang kecil dan sederhana yang digunakan sebagai laboratorium. Kemudian pada tahun 1901, didirikan gedung baru yang menjadi Museum. Gedung baru ini menjadi ruang koleksi, ruang kerja, ruang pameran dan laboratorium. Museum berada di bawah kepemilikan Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan dikelola oleh Bidang Zoologi Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). 

Museum Zoologi Bogor
Ir. H. Juanda No. 9, Paledang, Kota Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat
Jawa Barat

Phone : (0251) 8311362

Email : krbogor@mail.lipi.go.id

Jam Buka
  • Setiap Hari
    07.30-16.00
  • (TUTUP)
Tiket Masuk
Dewasa : Rp. 16,000
Anak-anak : Rp. 16,000
Wisatawan Asing : Rp. 26,000
Pesan Kunjungan