Perpustakaan & Museum Universitas Islam Indonesia


Perpustakaan & Museum Universitas Islam Indonesia merupakan museum khusus yang diresmikan pada 17 Oktober 2011 bersamaan dengan diresmikannya Perpustakaan Pusat Universitas Islam Indonesia dan Purna Pugar Candi Kimpulan oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Ir. Jero Wacik, SE. Universitas Islam Indonesia (UII) memiliki sejarah panjang sebagai universitas nasional tertua di Indonesia dan merupakan bagian dari sejarah pergerakan Indonesia. Universitas Islam Indonesia dilahirkan oleh para tokoh pergerakan nasional, seperti Moh. Natsir, Prof. KHA. Mudzakkir, Mohamad Roem,KH. Wahid Hasyim dan Dr. Mohammad Hatta.Pengelolaan museum dilakukan oleh Direktorat Humas Universitas Islam Indonesia. Koleksi yang disajikan di museum ini menceritakan tentang kontribusi para tokoh, perjalanan sejarah, dan dinamika Universitas Islam Indonesia. Koleksi di Perpustakaan & Museum Universitas Islam Indonesia pun sangat beragam, ada koleksi peralatan kampus dengan teknologi lama seperti mesin ketik,

Perpustakaan & Museum Universitas Islam Indonesia merupakan museum khusus yang diresmikan pada 17 Oktober 2011 bersamaan dengan diresmikannya Perpustakaan Pusat Universitas Islam Indonesia dan Purna Pugar Candi Kimpulan oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Ir. Jero Wacik, SE. Universitas Islam Indonesia (UII) memiliki sejarah panjang sebagai universitas nasional tertua di Indonesia dan merupakan bagian dari sejarah pergerakan Indonesia. Universitas Islam Indonesia dilahirkan oleh para tokoh pergerakan nasional, seperti Moh. Natsir, Prof. KHA. Mudzakkir, Mohamad Roem,KH. Wahid Hasyim dan Dr. Mohammad Hatta.

Pengelolaan museum dilakukan oleh Direktorat Humas Universitas Islam Indonesia. Koleksi yang disajikan di museum ini menceritakan tentang kontribusi para tokoh, perjalanan sejarah, dan dinamika Universitas Islam Indonesia. Koleksi di Perpustakaan & Museum Universitas Islam Indonesia pun sangat beragam, ada koleksi peralatan kampus dengan teknologi lama seperti mesin ketik, mesin hitung, mesin stensil, peralatan laboratorium, meja dan kursi, serta kendaraan dinas berupa andong.

Perpustakaan & Museum Universitas Islam Indonesia
Jl. Kaliurang Km 14,5 Yogyakarta
Daerah Istimewa Yogyakarta

Website : museum.uii.ac.id

Phone : (0274) 898444

Email : humas@uii.ac.id

Jam Buka
  • Jumat-Sabtu, Minggu-Kamis (Dengan perjanjian)
    08.00-16.00
  • Hari libur nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Gratis
Pesan Kunjungan