Pusat Peragaan IPTEK


Pusat Peragaan IPTEK merupakan museum khusus yang pendiriannya diprakarsai oleh B.J. Habibie pada tahun 1984. Pada tahun 1991, Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP IPTEK) resmi dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Ke-2, Soeharto, namun masih menggunakan bangunan sementara di Terminal B Skylift-TMII. Baru pada tahun 1995 PP IPTEK menempati bangunan permanen di Kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Bangunan museum yang dibangun dengan desain futuristik diharapkan dapat mengembangkan IPTEK di masa depan dan menjelajah tanpa batas. Alat peraga yang saat ini dipamerkan sudah berjumlah 317 dan merupakan hasil dari ciptaan tenaga ahli dari Puslitbang KIM-LIPI, LUK BPPT, BATAN, dan dari industri strategis dan IBM. PP IPTEK adalah Science Center pertama di Indonesia yang dibangun untuk melengkapi sarana pendidikan IPTEK formal. Tujuan pembangunan PP IPTEK untuk memasyarakatkan sains dan teknologi kepada seluruh lapisan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia. PP IPTEK menyu

Pusat Peragaan IPTEK merupakan museum khusus yang pendiriannya diprakarsai oleh B.J. Habibie pada tahun 1984. Pada tahun 1991, Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP IPTEK) resmi dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Ke-2, Soeharto, namun masih menggunakan bangunan sementara di Terminal B Skylift-TMII. Baru pada tahun 1995 PP IPTEK menempati bangunan permanen di Kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Bangunan museum yang dibangun dengan desain futuristik diharapkan dapat mengembangkan IPTEK di masa depan dan menjelajah tanpa batas. Alat peraga yang saat ini dipamerkan sudah berjumlah 317 dan merupakan hasil dari ciptaan tenaga ahli dari Puslitbang KIM-LIPI, LUK BPPT, BATAN, dan dari industri strategis dan IBM.

PP IPTEK adalah Science Center pertama di Indonesia yang dibangun untuk melengkapi sarana pendidikan IPTEK formal. Tujuan pembangunan PP IPTEK untuk memasyarakatkan sains dan teknologi kepada seluruh lapisan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia. PP IPTEK menyuguhkan kepada pengunjung agar dapat merasakan mudahnya belajar memahami berbagai konsep dan prinsip IPTEK seperti membuktikan hukum-hukum fisika, kimia, matematika, dan biologi, mengaplikasikan IPTEK dalam pengembangan teknologi seperti Bernaulli yang diterapkan dalam teknologi pembuatan pesawat terbang, merasakan hebatnya guncangan gempa, dan belajar mengetahui rahasia alam lainnya.

Pusat Peragaan IPTEK
Taman Mini Indonesia Indah, Jl. Raya Taman Mini, Jakarta Timur
D.K.I. Jakarta

Phone : (021) 8401488

Email : humasppiptek@gmail.com

Jam Buka
  • Senin-Minggu
    08.30-16.30
  • (TUTUP)
Tiket Masuk
Dewasa : Rp. 16,500
Anak-anak : Rp. 16,500
Wisatawan Asing : Rp. 16,500
Pesan Kunjungan