Roemah Martha Tilaar


Roemah Martha Tilaar disebut juga sebagai Museum Budaya Gombong. Museum khusus ini didirikan oleh Wulan Tilaar untuk ibunya, Martha Tilaar yang telah lama ingin ikut membangun Kota kelahirannya. Museum diresmikan pada 6 Desember 2014 dan berada di bawah kepemilikan Martha Tilaar Group serta dikelola oleh Yayasan Warisan Budaya Gombong.Museum ini menempati kediamaan keluarga Dr. Martha Tilaar. Rumah ini pada awalnya merupakan kediaman keluarga besar Liem Siaw Law yang dibangun pada tahun 1920. Ia dikenal sebagai Baba Solam. Keluarganya merupakan keluarga pengusaha kaya Tionghoa di wilayah Gombong. Roemah Martha Tilaar merupakan perpaduan gaya Belanda, Jawa dan Tionghoa. Bentuk bangunan seperti rumah Belanda pada umumnya dan terdapat altar leluhur serta pintu partisi di mulut koridor seperti rumah Tionghoa.Di museum ini, masyarakat dapat mengetahui sejarah keluarga Martha Tilaar. Selain itu, galeri yang ada di museum ini menjual produk Martha Tilaar Group dan kerajinan tangan khas I

Roemah Martha Tilaar disebut juga sebagai Museum Budaya Gombong. Museum khusus ini didirikan oleh Wulan Tilaar untuk ibunya, Martha Tilaar yang telah lama ingin ikut membangun Kota kelahirannya. Museum diresmikan pada 6 Desember 2014 dan berada di bawah kepemilikan Martha Tilaar Group serta dikelola oleh Yayasan Warisan Budaya Gombong.

Museum ini menempati kediamaan keluarga Dr. Martha Tilaar. Rumah ini pada awalnya merupakan kediaman keluarga besar Liem Siaw Law yang dibangun pada tahun 1920. Ia dikenal sebagai Baba Solam. Keluarganya merupakan keluarga pengusaha kaya Tionghoa di wilayah Gombong. Roemah Martha Tilaar merupakan perpaduan gaya Belanda, Jawa dan Tionghoa. Bentuk bangunan seperti rumah Belanda pada umumnya dan terdapat altar leluhur serta pintu partisi di mulut koridor seperti rumah Tionghoa.

Di museum ini, masyarakat dapat mengetahui sejarah keluarga Martha Tilaar. Selain itu, galeri yang ada di museum ini menjual produk Martha Tilaar Group dan kerajinan tangan khas Indonesia, khususnya daerah Gombong. Kegiatan yang dilaksanakan di Roemah Martha Tilaar terdiri dari diskusi, lokalatih, festival, pertunjukan dan pameran seni. Museum ini berharap dapat menjadi wahana pendidikan dan rekreasi serta bermanfaat bagi masyarakat sekitar. 

Roemah Martha Tilaar
Jl. Sempor Lama No. 28, Gombong, Kebumen 54412
Jawa Tengah

Phone : (0287) 473313

Email : info@roemahmarthatilaar.org

Jam Buka
  • Selasa-Minggu
    09.00-16.00
  • (TUTUP)
Tiket Masuk
Dewasa : Rp. 15,000
Anak-anak : Rp. 15,000
Wisatawan Asing : Rp. 15,000
Pesan Kunjungan