Rumah Si Pitung


Rumah si Pitung berada di daerah Marunda Pulo Kecamatan Cilincing Jakarta Utara. Daerah ini disebut Marunda Pulo karena dulunya daerah ini merupakan pulau kecil dan hanya ada satu bangunan yang sekarang disebut Rumah si Pitung.Rumah si Pitung dahulu merupakan rumah miliki seorang saudagar kaya bernama H. Safiuddin. Rumah ini merupakan salah satu rumah yang permah dirampok si Pitung. Peristiwa perampokan rumah H. Saipuddin dimuat dalam surat kabar Hindia Olanda, 10 Agustus 1982.Terkait hubungan Pitung dengan H. Safiuddin, terdapat dua versi yang berbeda dalam menjelaskan hubungan mereka, versi pertama menyebut H. Safiuddin hanya salah satu dari korban perampokan yang dilakukan oleh Pitung. Sementara itu versi kedua menyebutkan bahwa H. Safiuddin sesungguhnya adalah sahabat dari Pitung dan rumahnya kerap dijadkan lokasi bersembunyi si Pitung, agar tidak menimbulkan kecurigaan dari pihak Belanda bahwa rumah itu menjadi lokasi persembunyian si Pitung kemudian dilakukan skenario perampokan

Rumah si Pitung berada di daerah Marunda Pulo Kecamatan Cilincing Jakarta Utara. Daerah ini disebut Marunda Pulo karena dulunya daerah ini merupakan pulau kecil dan hanya ada satu bangunan yang sekarang disebut Rumah si Pitung.

Rumah si Pitung dahulu merupakan rumah miliki seorang saudagar kaya bernama H. Safiuddin. Rumah ini merupakan salah satu rumah yang permah dirampok si Pitung. Peristiwa perampokan rumah H. Saipuddin dimuat dalam surat kabar Hindia Olanda, 10 Agustus 1982.

Terkait hubungan Pitung dengan H. Safiuddin, terdapat dua versi yang berbeda dalam menjelaskan hubungan mereka, versi pertama menyebut H. Safiuddin hanya salah satu dari korban perampokan yang dilakukan oleh Pitung. Sementara itu versi kedua menyebutkan bahwa H. Safiuddin sesungguhnya adalah sahabat dari Pitung dan rumahnya kerap dijadkan lokasi bersembunyi si Pitung, agar tidak menimbulkan kecurigaan dari pihak Belanda bahwa rumah itu menjadi lokasi persembunyian si Pitung kemudian dilakukan skenario perampokan tersebut.

Rumah Si Pitung
Jl. Kampung Marunda Pulo, Cilincing, Jakarta Utara 14150
D.K.I. Jakarta

Website : -

Phone : 088214242666

Email : museumbahari@yahoo.com

Jam Buka
  • Selasa - Minggu
    08.00 - 16.00
  • Hari Libur Nasional (TUTUP)
Tiket Masuk
Dewasa : Rp. 5,000
Anak-anak : Rp. 2,000
Wisatawan Asing : Rp. 5,000
Pesan Kunjungan